Terapi Aquarium Bikin Sehat Fisik dan Mental Lho!

Terapi Aquarium Bikin Sehat Fisik dan Mental Lho!

Memiliki hobi memang sangat mengasyikkan. Tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata, hobi sering kali membuat seseorang setia dalam pemenuhannya. Seringkali seseorang rela mengeluarkan banyak uang untuk memenuhi hobinya ini. Salah satu hobi paling populer adalah aquascape. Papa adalah salah satunya? Jangan langsung menentang hobby baru bunda, hobby aquascape ternyata banyak manfaatnya lho, salah satunya adalah terapi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya yuk kenalan dengan aquascape yang sering juga disebut terapi akuarium!

Apa itu Terapi Akuarium?

Suara gemericik air yang damai, gerakan ikan yang lambat, dan dekorasi yang indah di dalamnya tidak hanya sekedar estetika. Terapi akuarium merupakan salah satu metode perawatan kesehatan yang masih jarang diketahui oleh masyarakat. Tak disangka, memiliki akuarium di rumah bisa dijadikan terapi, Bu.

Menurut salah satu penelitian di jurnal Environment and Behavior menyebutkan bahwa menonton ikan yang berenang di akuarium selama 10 menit dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang akan rileks walaupun akuarium yang dilihatnya tidak mengandung ikan. Namun, semakin banyak ikan di akuarium kabarnya semakin baik moodnya, lho!

Manfaat Terapi Akuarium untuk Kesehatan

Bukan sekedar hobi yang boros uang, memiliki akuarium bisa dijadikan terapi bagi pemiliknya. Apa manfaat kesehatan dari terapi akuarium?

Terapi untuk Penderita Alzheimer, Autisme, dan Hiperaktif Aktif

Sebuah studi di Purdue University menunjukkan bahwa terapi akuarium memiliki pengaruh terhadap pola makan pasien Alzheimer. Penelitian yang diikuti 62 pasien Alzheimer ini dilakukan selama 16 minggu dengan hasil menunjukkan peningkatan asupan nutrisi hingga 21,1 persen dan membuat pasien Alzheimer lebih fokus.

Sedangkan penelitian lain menunjukkan bahwa terapi akuarium dinilai cukup efektif dalam membantu pasien autisme dan AHDH (attention deficit hyperactivity). Itulah sebabnya banyak sekolah, panti jompo dan rumah sakit saat ini menerapkan terapi yang luar biasa ini.

Baca:  Anak Penjarakan Ibu, Ketahui Dampak Perceraian Orangtua pada Anak

Menenangkan Pikiran

Menatap atau sekedar mendengar gemericik air dari akuarium ternyata bisa membuat tubuh kembali rileks kembali. Selain sebagai sarana hiburan di rumah, akuarium dan segala isinya justru bisa mengendurkan saraf sehingga bisa mencegah ketegangan. Perasaan damai kerap datang pada seseorang yang menyaksikan pergerakan ikan di akuarium yang dihias dengan indah.

Pikiran yang rileks dapat mengurangi tingkat stres yang disebabkan oleh rutinitas harian Anda. Hal tersebut diperkuat dengan penelitian tentang kadar depresi, frustasi, dan kecemasan pada 42 pasien yang hasilnya menurun sekitar 12 persen saat berada di dalam ruangan dengan tangki di dalamnya.

Baa juga: harga tanaman meroket, pencurian tanaman hias makin meningkat, awas Ma!

Menurunkan Tekanan Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Keindahan akuarium dapat membuat tubuh menjadi rileks sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Akuarium hias yang menyesuaikan dengan habitat ikan juga dapat digunakan sebagai terapi bagi penderita jantung.

Sebagai Terapi Kesehatan Mental

Meski tidak diakui secara resmi, terapi akuarium telah menjadi bagian dari AAT (terapi dengan bantuan hewan) berlisensi. Relaksasi dan pelepas stres menjadikan terapi akuarium efektif dalam meningkatkan kesehatan mental seseorang.

Jenis Hobi Akuarium yang Kini Paling Populer

Sejak pandemi. Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Di rumah sendiri membuat orang mencari aktivitas yang menyenangkan di rumahnya. Entah alasannya, tapi ikan cupang sedang naik daun di era pandemi, bahkan banyak selebritis yang memeliharanya. Menambah nilai jual, banyak yang mengembangkannya dengan menambahkan ornamen pada akuarium yang kemudian dikomersialkan. Dari segi bisnis, ini sangat menguntungkan karena menarik banyak peminat ikan. Bahkan seorang pemuda mengaku mendapat omzet 40 juta per minggu berkat hobi aquascape-nya.

Baca Juga: Hobi Menanam Saat Pandemi, Ini Rekomendasinya!

Benarkah hobi akuarium tidak sedikit?

Meski terlihat sepele, namun hobi akuarium atau aquascape membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk akuarium berukuran 30 × 30 cm pasti ada yang mau merogoh kocek minimal 400 ribu rupiah lho Mams. Duh, pusing lihat nominal uangnya. Namun jika menilik segudang manfaat yang salah satunya adalah terapi akuarium dan nilai bisnisnya, sepertinya hobi Papa yang satu ini perlu didukung. Hihi …

Baca:  Juwita Bahar Koma karena Diet, Ini Akibat Kekurangan Karbohidrat pada Tubuh

Pasca Terapi Akuarium Membuat Kesehatan Fisik dan Mental! muncul pertama kali di Mamapapa.id.