Tempat Wisata Wonogiri Masih Tutup, Sampai Kapan?

Tempat Wisata Wonogiri Masih Tutup, Sampai Kapan?
Tempat wisata wonogiri

Solopos.com, WONOGIRI – Tempat wisata Kabupaten Wonogiri masih tutup hingga Minggu (3/1/2021). Pemerintah Kabupaten Wonogiri belum memutuskan kapan tempat wisata tersebut akan dibuka kembali dan menerima pengunjung.

Menurut informasi, Pemkab Wonogiri akan memutuskan pada Senin (4/1/2021) ini yang merupakan hari terakhir penutupan libur Natal dan Tahun Baru.

Pemerintah Kabupaten Wonogiri menutup kawasan rekreasi secara melingkar kepada pengelola seluruh tempat wisata. Mereka harus menutup bisnis sementara mulai Kamis (24/12/2020).

Dilantik bulan depan sebagai wali kota, inilah tantangan berat Gibran di tahun pertamanya

Kebijakan penutupan tempat wisata di Kabupaten Wonogiri ini untuk mencegah keramaian yang berpotensi meningkatkan penularan Covid-19.

Plt (Plt) Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata atau DKOP Wonogiri, FX Pranata, kepada Solopos.com, Sabtu, mengatakan Bupati Joko Sutopo belum memberikan keputusan terkait penutupan tempat wisata tersebut.

Menurut dia, keputusan terkait hal itu akan diambil pada hari terakhir penutupan. Keputusan Bupati akan didasarkan pada pertimbangan Satgas atau Satgas Percepatan Penanganan Covid-19.

Covid-19 Klaten: Hotel Ke Tempat Latihan Militer Dilobi Untuk Lokasi Isolasi

Pemberitahuan resmi

Seperti saat mengambil keputusan untuk menutup sementara tempat wisata Wonogiri saat natal dan tahun baru atau hari raya nataru.

"Sampai hari ini [Sabtu] Kami belum mendapat pemberitahuan resmi apakah penutupan tempat wisata sudah diperpanjang. Tapi tentu akan ada kebijakan perpanjangan atau tidak perpanjangan waktu, ”ujarnya melalui telepon.

Ia melanjutkan, pertimbangan pengambilan keputusan tidak terlepas dari perkembangan risiko penularan Covid-19 Wonogiri. Menurut dia, penularan Covid-19 hingga akhir pekan ini masih berisiko tinggi sehingga jumlah kasusnya terus bertambah.

Merekam! 8 Warga Sragen Meninggal Positif Covid-19 dalam Sehari

Di sisi lain, jumlah orang yang meninggal akibat terpapar Covid-19 juga mengalami peningkatan. Selain mendasarkan pada aspek tersebut, sektor ekonomi juga menjadi pertimbangan untuk penutupan tempat wisata Wonogiri.

Baca:  Pekerja Seni Wonogiri Menjerit, Desak Pemkab Izinkan Hajatan

Sambil menunggu keputusan Bupati, pengelola sejumlah tempat wisata mengajukan permohonan pembukaan tempat wisata. Namun, DKOP akan memutuskan apakah ada pencabutan sementara tempat wisata.

Selama pengelola belum diizinkan membuka usaha pariwisata, DKOP belum akan mengambil keputusan. Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten mengizinkan pengelola membuka tempat wisata, pada akhir November 2020.

Duh! BST Corridor 1 Contra Flow Line malah macet di Jl Slamet Riyadi Solo

Penerapan Protokol Kesehatan

Syaratnya, pengelola harus mengajukan lamaran terlebih dahulu. Manajer wajib menyampaikan kesiapan untuk mengimplementasikan protokol kesehatan dalam permintaan tersebut.

Kemudian tim mengecek kesiapan tempat wisata. Saat itu ada beberapa tempat wisata yang akhirnya dibolehkan dibuka, seperti Wisata Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, dan Soko Langit, Bulukerto.

Kepala Dinas Pariwisata DKOP Wonogiri Agus Sriyanto menginformasikan hingga 8 Desember 2020 sudah ada pengelola 24 obyek wisata dan hiburan yang melamar untuk membuka usaha.

Bukan Rekrutmen Lagi Relawan Covid-19, Pemkot Solo Andalkan CPNS 2020

Saat Pemkab menutup sementara tempat wisata saat libur Nataru, ada pengelola lain yang mengajukan permintaan, tapi tidak banyak.

“Mengenai penutupan saat libur Nataru, ada beberapa pengelola yang menyampaikan secara lisan yang intinya berharap periode penutupan tidak diperpanjang lagi. Kami hanya bisa menjawab, kebijakan itu kewenangan pemerintah kabupaten,” kata Agus.

Pos Tempat Wisata Wonogiri Masih Ditutup, Sampai Kapan? muncul pertama kali di Solopos.com.