Pada

Kenapa Jangan Berkaca Pada Pernikahan Zaman Dulu?

Kenapa Jangan Berkaca Pada Pernikahan Zaman Dulu?

Banyak orang bilang “Orangtua gue dulu nikah muda baik-baik aja tuh. Buktinya langgeng sampai sekarang.” Asumsi ini yang menjadi landasan banyak orang untuk menikah muda. Padahal Anda jangan sesekali menyamakan pernikahan zaman dahulu dengan sekarang karena kondisinya sangat berbeda. Orang-orang zaman dulu, baik orangtua Anda atau kakek-nenek Anda, adalah orang yang terpaksa dewasa. Mereka hidup […]

The post Kenapa Jangan Berkaca Pada Pernikahan Zaman Dulu? appeared first on Kelas Cinta.…

Anak Penjarakan Ibu, Ketahui Dampak Perceraian Orangtua pada Anak

Anak Penjarakan Ibu, Ketahui Dampak Perceraian Orangtua pada Anak

Awal 2021 dunia maya dikejutkan dengan kabar seorang anak yang memenjarakan ibu kandungnya. Peristiwa ini terjadi di Demak, Jawa Timur dimana Agesti Ayu Wulandari melaporkan ibu kandungnya, Sumiyatun ke polisi karena kesal dengan tingkah laku ibunya.

Perceraian orang tua Ayu membuatnya memilih untuk tinggal bersama ayah dan kedua adiknya untuk ikut dengan ibunya, dia mengungkapkan kekesalannya pada ibunya yang telah membuang pakaiannya saat ingin mengambilnya. Nah, di sinilah terjadi pertengkaran antara ibu dan anak dan membuat anak tersebut melaporkan ibunya ke penjara.

Anak di Penjara Ibu Hamil

sumber gambar: headtopics.com

Meski dicap sebagai "anak pemberontak", ternyata ada alasan lain mengapa Ayu memenjarakan ibu kandungnya. Ia mengaku kesal dengan kelakuan sang ibu baik sebelum maupun setelah perceraian dengan ayahnya. Alasan Ayu memenjarakan ibu kandungnya adalah:

Penganiayaan Terjadi

Pengaduan ke polisi diawali dengan pertengkaran sengit antara anak dan ibunya, dimana ketika anak hendak mengambil pakaian dari rumah ibu untuk diambil, namun sayangnya pakaian tersebut telah dibuang oleh ibu. . Tiba-tiba anak tersebut menjadi marah dan terjadi pertengkaran serta melukai beberapa jenazah korban.

Baca juga: Awas Bu, Masalah Psikologis Bisa Bikin Anak Sulit Makan, Lho!

Perselingkuhan Ibu

Sang ayah mengaku, Khoirur Rohman yang membela putrinya dalam kasus sang ibu yang dipenjara. Dia mengatakan …

Pentingnya Karbohidrat

Juwita Bahar Koma karena Diet, Ini Akibat Kekurangan Karbohidrat pada Tubuh

Hai Mampaps, baru-baru ini dikabarkan artis sekaligus penyanyi dangdut Juwita Bahar sempat terbaring koma di rumah sakit selama 15 hari karena diet ketat yang diikutinya. Saat ini beredar kabar bahwa Juwita sempat koma karena sudah kurang lebih 2 tahun mengkonsumsi karbohidrat. Inilah yang membuatnya kekurangan karbohidrat.

Mampaps harus mengetahui apa pentingnya karbohidrat dan apa dampaknya jika kita kekurangan karbohidrat atau diet ketat karbohidrat.

Baca juga: Waspadai COPD yang menyebabkan kematian

Pentingnya Karbohidrat dalam Tubuh

Peran Karbohidrat untuk Tubuh

Mampaps, karbohidrat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh manusia yang berfungsi menghasilkan energi bagi tubuh manusia. Senyawa karbohidrat tersebut dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya pada gula pasir, buah-buahan, tebu, susu, beras, jagung, gandum, ubi jalar, kentang, singkong, dan lain-lain.

Mampaps harus tahu, karbohidrat berperan sebagai sumber energi utama, setiap 1 gram karbohidrat mengandung 4.1 kalori yang nantinya akan tercipta senyawa organik seperti lemak dan protein yang berfungsi menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, sebagai zat energi untuk metabolisme, pertumbuhan. , pengaturan suhu dan aktivitas fisik. Bayangkan jika dalam waktu lama tubuh kita kekurangan karbohidrat.

Ada tiga fungsi utama karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, yaitu:

1. Sumber Energi Utama

Fungsi pertama karbohidrat adalah sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Energi …

Ternyata, Ini 7 Makanan Penyebab Bau Tak Sedap Pada Miss V

Ternyata, Ini 7 Makanan Penyebab Bau Tak Sedap Pada Miss V

Sebagai seorang wanita, menjaga kebersihan Miss V tentunya menjadi kewajiban. Karena kebersihan Miss V tentu bisa mempengaruhi aromanya. Tidak hanya menjaga kebersihan saja, makanan dan minuman yang kita konsumsi juga sangat mempengaruhi bau Miss V lho!

Makanan memang bisa menjaga agar vagina tetap harum, namun ada juga beberapa jenis makanan yang justru membuat vagina berbau tidak sedap. Untuk lebih tahu yuk, yuk intip beberapa makanan penyebab bau tak sedap pada Miss V di bawah ini.

1. Daging merah

Ternyata, Ini 7 Makanan Penyebab Bau Tak Sedap di Miss V.

Walaupun jenis daging merah ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun untuk menjaga keputihan tidak berbau, Anda juga harus mengontrol asupan daging merah seperti daging sapi, kambing, dan ikan. Pasalnya, kandungan basa yang terdapat pada daging merah dapat mengganggu keseimbangan pH area kewanitaan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Susu

Ternyata, Ini 7 Makanan Penyebab Bau Tak Sedap di Miss V.

Mirip dengan daging merah, produk olahan susu juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan pH di area vagina sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk itu sebaiknya kurangi produk susu dan produk makanan dan minuman yang mengandung susu.

3. Bawang

Ternyata, Ini 7 Makanan Penyebab Bau Tak Sedap di Miss V.

Bawang dikenal karena baunya yang kuat. Tidak hanya menyebabkan bau badan dan ketiak, bawang bombay juga dapat menyebabkan bau tak sedap di area vagina karena mengganggu keseimbangan bakteri yang terdapat di vagina.

4. Kopi

Ternyata, Ini 7 Makanan Penyebab Bau Tak Sedap di Miss V.

Meski …

Waspadai Kadar Protein Tinggi pada Ibu Hamil, Ma!

Waspadai Kadar Protein Tinggi pada Ibu Hamil, Ma!

Hai Mampaps, menunggu Si Kecil adalah dambaan setiap Mama dan Papa yang sudah menikah. Tumbuh kembang Si Kecil memang harus dipantau setiap bulannya. Tak heran pula, ketika Mama sedang hamil mungkin akan terbiasa ketika diminta melakukan pengecekan urine. Dalam mengecek urin salah satu yang dilihat adalah untuk mendeteksi nilai kadar protein dalam urin. Kadar protein yang tinggi pada ibu hamil dapat menandakan adanya tanda gejala preeklampsia.

Bahaya Kadar Protein Tinggi pada Ibu Hamil

Protein tinggi pada ibu hamil
Bahaya Protein Tinggi pada Ibu Hamil

Kadar protein yang tinggi pada ibu hamil jangan di anggap sepele. Tingginya kadar protein urine pada Mama yang sedang hamil menandakan adanya gejala preeklamsia. Preeklamsia adalah kondisi saat pembuluh darah ibu hamil menyempit. Kondisi ini biasanya muncul setelah kehamilan menginjak usia 20 minggu.

Baca Juga: Vaksin 3 in 1 untuk Ibu Hamil, Perlu Gak Sih Ma?

Protein dalam urine dianggap tidak normal pada Mama yang hamil yaitu ketika protein tersebut melebihi 300 mg/24 jam kapan saja selama kehamilan, hal ini berkorelasi dengan 1+ pada dipstick urine. Biasanya kondisi ini disebut proteinuria.

Pemeriksaan proteinuria ini merupakan hal yang penting dalam mendiagnosis dan menentukan berat ringan preeklamsia. Bahaya yang ditimbulkan dapat mempengaruhi ibu dan juga janinnya. Antara lain, Preeklamsia pada ibu hamil tidak …

Kesalahan Penanganan Pertolongan Pertama pada Korban Gigitan Ular

Melalui siaran di televisi, kita sering menyaksikan adegan seseorang menghisap area luka gigitan ular sebagai pertolongan pertama. Tampak sangat heroik, bukan? Tapi secara medis, cara penanganan gigitan ular seperti itu sebenarnya salah. Apa saja kesalahan membantu korban gigitan ular? Ini penjelasannya.

Mitos pertolongan pertama dalam gigitan ular

menangani gigitan ular

Ada sejumlah kesalahan pertolongan pertama pada gigitan ular yang sudah mendarah daging di benak banyak orang Indonesia, seperti contoh di atas. Adegan menghisap bisa ular, menyayat bagian luka gigitan ular, dan sebagainya muncul di berbagai media. Meski dalam bentuk cerita fiksi, namun kesalahan ini sedikit banyak dipercaya dan diyakini sebagai cara yang tepat untuk menangani gigitan ular.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa cara pertolongan pertama dalam mengobati gigitan ular yang mungkin telah dipercaya selama puluhan tahun itu salah. Bukti medis menunjukkan bahwa memotong luka gigitan atau mengambil darah dari luka gigitan ular tidak membantu penyembuhan korban.

Cara ini justru bisa berisiko dan membahayakan korban. Selain memperlambat korban untuk mendapat penanganan medis yang tepat, menghisap atau mengiris luka gigitan ular juga berpotensi mencemari luka dan merusak saraf serta pembuluh darah.

Faktanya, ratusan tahun para ahli di seluruh dunia telah meneliti cara melakukan pertolongan pertama dengan benar pada gigitan ular. Namun di Indonesia, masalah

Waspada Henti Jantung yang Terjadi pada Maradona

Waspada Henti Jantung yang Terjadi pada Maradona

Akhir November kemarin dunia dikejutkan dengan berita kematian pesepak bola legendaris Argentina, Diego Maradona, di usia 60 tahunnya. Berita yang beredar Diego meninggal diakibatkan oleh henti jantung.

Dari pernyataan ini adakah yang terdengar aneh? Bukankah setiap keamatian didahului dengan jantung yang berhenti? Lalu apakah yang dimaksud dengan henti jantung seperti yang terjadi pada pesepak bola Maradona?

Apa Itu Henti Jantung

Maksud “henti jantung” yang marak dibicarakan di media sebagai penyebab kematian Maradona adalah cardiac arrest. Sebuah kondisi yang membuat jantung tiba-tiba berhenti berdetak.

Baca Juga: Tetralogy of Fallot; 4 Kelainan Jantung pada Bayi Baru lahir

Mengutip dari laman resmi Indonesian Heart Association, henti jantung adalah hilangnya fungsi jantung untuk memompa darah yang terjadi secara mendadak. Kondisi ini menyebabkan kurangnya oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh, terutama otak dan jantung itu sendiri.

Bila kurang oksigen ke otak, maka sel-sel otak akan mati dan menyebabkan hilangnya kesadaran serta fungsi otak lainnya. Begitu pun pada jantung, sel-sel pada otot jantung akan kekurangan oksigen dan akan mati. Sel-sel yang telah mati tidak bisa dihidupkan kembali. Karenanya, jika tidak cepat ditangani, kondisi ini bisa berujung kematian.

Jadi, kondisi ini bukanlah suatu penyakit yang bisa dikatakan sebagai penyebab dari suatu kematian, melainkan suatu kondisi yang disebabkan …

Mandi Setelah Makan, Apa yang Terjadi pada Tubuh?

Kata orang, mandi setelah makan berbahaya bagi tubuh karena bisa menyumbat saluran pencernaan. Bukankah ini sesuatu yang rutin dilakukan banyak orang? Cari tahu faktanya di sini.

Benarkah mandi setelah makan itu berbahaya?

Mandi merupakan salah satu kegiatan rutin sehari-hari yang berkaitan langsung dengan kondisi fisik di luar tubuh. Bahkan mandi itu sendiri tidak memiliki efek samping atau komplikasi yang berbahaya.

Di sisi lain, makan merupakan aktivitas sehari-hari yang terutama berkaitan langsung dengan fungsi organ dalam tubuh.

Itu sebabnya, mandi dan makan tidak ada hubungannya. Makanan yang Anda makan akan masuk ke saluran pencernaan Anda, sedangkan mandi hanya membersihkan kulit tubuh dari kotoran dan membuat Anda merasa lebih segar.

Jadi mitos mandi sehabis makan itu berbahaya Anda tidak perlu lagi percaya dan khawatir dengan efeknya. Mandi setelah makan sama sekali tidak membahayakan tubuh.

Bagaimana kalau berenang? Bisakah kamu langsung berenang setelah makan?

Begitu juga dengan larangan berenang sehabis makan yang hanya berdasarkan mitos belaka. Boleh berenang setelah makan.

Namun memang, melakukan aktivitas fisik yang berat setelah makan, seperti berenang atau lari, bisa membuat perut kram yang mungkin berbahaya jika Anda tenggelam.

Perut bisa kram saat berenang karena segera setelah makan, sebagian aliran darah akan terfokus ke organ pencernaan. Sedangkan saat Anda …

Kekerasan pada Anak Saat Pandemi Meningkat, Ketahui Penyebabnya!

Kekerasan pada Anak Saat Pandemi Meningkat, Ketahui Penyebabnya!

Coba hitung selama pandemi melanda, sudah berapa kali Mampaps memarahi Si Kecil? Semoga nggak ada ya atau hanya bisa dihitung jari, amin. Namun, tahukah Mampaps kekerasan pada anak saat pandemi ternyata meningkat loh! Kekerasan ini terjadi baik secara verbal maupun kekerasan fisik.

Tentu kekerasan pada anak ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti Mampaps belum terbiasa untuk menghadapi perubahan baru selama pandemi, seperti semua hal dikerjakan dari rumah. Bukan hanya itu, kecemasan terhadap sesuatu seperti kesehatan, keuangan, pendidikan anak dan lainnya secara berlebihan bisa meningkatkan stres sehingga kekerasan terjadi.

Kasus Kekerasan Anak Saat Pandemi

Kekerasan pada anak

Masih ingat kan Mampaps, beberapa kasus kekerasan pada anak yang sempat viral? Salah satunya adalah orang tua yang sedang membimbing anaknya untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Banyak di antara mereka tertangkap kamera sedang memukul sang anak karena tidak paham dengan apa yang sedang diterangkannya.

Baca Juga: Viral Mama Cambuk Anak, Stop KDRT pada Anak!

Mengingat kejadian pada September lalu, tersebar video viral berdurasi 4 menit 39 detik di mana sang ibu mencambuk anak kandungnya menggunakan selang saat mengerjakan tugas sekolah. Video ini beredar di Grup Facebook Info Malang Raya, terlihat jelas bahwa sang ibu mencambuk sang anak yang sedang ia bimbing untuk mengerjakan …

6 Fakta Tentang Milia pada Bayi, Sering Dianggap Jerawat!

6 Fakta Tentang Milia pada Bayi, Sering Dianggap Jerawat!

Jangan keliru, milia pada bayi itu bukan jerawat. Rasanya nggak rela kalau menemukan noda di kulit wajah bayi, karena inginnya kulit bayi itu super mulus tanpa noda. Sayangnya, nggak jarang pada bayi baru lahir muncul benjolan kecil berwarna putih di sekitar hidung dan pipi. Kalau bayi mommies pernah ngalamin pasti tahu, ini namanya milia. Sebutan…

The post 6 Fakta Tentang Milia pada Bayi, Sering Dianggap Jerawat! appeared first on Mommies Daily.…

Cacat Lahir pada Bayi, Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya

Bukan perkara mudah bagi orang tua untuk menerima kenyataan bahwa bayinya terlahir tidak sempurna. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan bayi mengalami cacat lahir. Apa penyebab bayi lahir cacat dan dapatkah dicegah?

Apa cacat lahir pada bayi?

kelainan kongenital Cacat bawaan pada bayi baru lahir

Mengutip dari Kementerian Kesehatan RI, kelainan kongenital atau cacat lahir adalah kelainan struktural atau fungsional yang dikenali sejak bayi baru lahir.

Kondisi kesehatan bayi yang mengalaminya biasanya bergantung pada organ atau bagian tubuh yang terlibat serta tingkat keparahan yang dimilikinya.

Berdasarkan WHOCacat lahir dialami oleh sekitar 1 dari 33 bayi di dunia. Faktanya, ada sekitar 3,2 juta bayi lahir dalam kondisi tidak sempurna di seluruh dunia setiap tahunnya.

Sementara di Asia Tenggara saja, bayi lahir cacat atau cacat bawaan mencapai 90.000 kematian.

Ada dua jenis cacat lahir, yaitu cacat lahir struktural dan cacat lahir fungsional. Kelainan struktur adalah masalah yang berhubungan dengan bagian tubuh.

Ambil kasus seperti bibir sumbing, kelainan jantung, kaki pengkor, dan spina bifida. Kaki pengkor dan spina bifida adalah beberapa jenis kelainan bawaan pada tungkai bayi.

Sedangkan bayi baru lahir yang dikatakan fungsional berkaitan dengan masalah pada fungsi atau sistem anggota tubuh untuk melakukan tugasnya.

Masalah ini seringkali menyebabkan gangguan perkembangan yang meliputi perkembangan sistem saraf

Selain Gatal, Ini Gejala Alergi Pada Kulit Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Alergi kulit merupakan reaksi alergi terhadap zat yang sebenarnya tidak berbahaya, seperti sabun, tumbuhan, dan bahan lainnya. Akan tetapi, sistem kekebalan tubuh secara keliru mengenali zat-zat ini dan mencoba menyerangnya. Akibatnya, sejumlah tanda dan gejala muncul di kulit akibat reaksi alergi ini.

Tanda dan gejala alergi kulit

Gejala alergi yang muncul bergantung pada zat yang berperan sebagai alergen dan juga sistem kekebalan tubuh manusia. Ini dapat memengaruhi berbagai organ tubuh Anda, termasuk kulit. Reaksi alergi dapat berkisar dari ringan hingga parah dan membutuhkan perawatan darurat.

Pada beberapa kasus yang parah, gejala alergi dapat memicu reaksi yang cukup berbahaya yang dikenal sebagai syok anafilaksis. Lantas, apa saja gejala alergi yang terjadi pada kulit?

1. Ruam

ruam anemia

Salah satu gejala alergi yang paling umum adalah munculnya ruam pada kulit. Anda mungkin mengira bahwa kulit bertindak sebagai pelindung bagian dalam tubuh yang pertama. Padahal, kulit juga memiliki sel-sel khusus sistem kekebalan tubuh.

Sel-sel ini kemudian melindungi kulit dan tubuh dari virus, bakteri, dan senyawa berbahaya lainnya. Jika sel mendeteksi zat yang mencurigakan, zat itu bereaksi di kulit dan menyebabkan peradangan. Reaksi sel sistem kekebalan ini akhirnya menghasilkan ruam pada kulit.

Peradangan yang terjadi pada kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk iritan dan alergen.