Super Sibuk! Tim Gabungan Sragen Copoti Alat Peraga Kampanye Pilkada di 20 Kecamatan

Super Sibuk! Tim Gabungan Sragen Copoti Alat Peraga Kampanye Pilkada di 20 Kecamatan
demo kampanye Pilkada Sragen

Solopos.com, SRAGEN – Tim gabungan KPU, Bawaslu, Satpol PP, dan instansi lain pindah ke 20 kecamatan untuk melepas alat peraga kampanye Pilkada Sragen 2020 di hari pertama tenang, Minggu (6/12/2020).

Pada hari itu, masih banyak alat peraga kampanye (APK) yang belum disingkirkan oleh tim sukses pasangan calon Bupati-Wakil Bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sragen.

Untuk itu, tim gabungan turun tangan untuk menertibkan APK secara serentak di 20 kecamatan. Ketua KPU Sragen Minarso memimpin penertiban APK di pinggir jalan protokol, gang, dan depan rumah warga.

Mobil menabrak sepeda motor di Jalan Tawangmangu-Karanganyar, Kakek dan Nenek terpental ke jalan

“Sebelumnya kami sudah mengimbau kepada tim sukses pasangan calon dan parpol untuk mencabut sendiri APK tersebut. Namun, hingga saat ini masih ada hal-hal yang belum dihapus sehingga kami turun tangan untuk menghapus semua APK,” kata Minarso kepada Solopos.com, Minggu.

Sesuai Pasal 31 PKPU Nomor 11/2020, pengendalian alat peraga kampanye pilkada termasuk Sragen pada masa tenang berada di bawah kewenangan KPU.

Dalam hal ini, KPU berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Bawaslu, dan pihak lain untuk mengatur APK dalam masa tenang, Minggu-Selasa (6-8 / 12/2020).

Subsidi Gaji Rp1,2 Juta untuk 1,34 Juta Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cair

Untuk wilayah Kota Sragen APK masih berupa jalan desa atau gang. Sedangkan di pedesaan, APK masih ditemukan di pinggir jalan.

Distribusi Logistik

“Ada sejumlah APK yang masih terpasang di halaman muka warga. Kami menyarankan pemilik rumah untuk menghapus sendiri APK tersebut. Kami berharap APK bersih pada hari pertama pendinginan. Namun, jika masih ada APK yang belum dihapus, aktivitas kontrol APK akan dilanjutkan besok [Senin (7/12/2020)], ”Jelas Komisaris Bawaslu Sragen, Khoirul Huda.

Baca:  Sekolah di Zona Kuning Dibuka, Apa yang Harus Kita Perhatikan?

Selain mengontrol alat peraga kampanye pilkada, selama masa sepi, KPU Sragen juga mendistribusikan logistik pemilu dari kecamatan hingga desa dan kelurahan.

Tambah 254 Kasus Dalam 3 Hari, Kumulatif Positif Covid-19 Solo Kini Capai 2.880 Orang

Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu-Senin. Sejauh ini belum ada laporan kendala terkait pendistribusian logistik pilkada ke desa dan kelurahan tersebut.

“Untuk kabupaten dengan banyak desa, mungkin bisa selesai besok [Senin]. Distribusi logistik hanya bisa melihat situasi dan kondisi mengingat saat ini juga musim hujan, ”kata Minarso.

Pilkada Sukoharjo Masa Tenang: 12 Panwascam Di Sekitar Kawasan Copoti Ribuan APK

Pada hari Minggu juga akan dilakukan kegiatan pembinaan teknis terkait pemungutan dan penghitungan surat suara. Kegiatan yang digelar di Sekretariat KPU Sragen ini diikuti oleh 20 perwakilan dari PPK.

Peserta Bintek juga mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi Sirekap, semua aplikasi berbasis IT [informasi dan teknologi]. Harapannya penyajian datanya lebih cepat karena sistemnya bekerja otomatis, ”jelas Minarso.

Posnya Super Sibuk! Tim Gabungan Sragen Peniru Alat Peraga Kampanye Pilkada di 20 Kabupaten tampil pertama kali di Solopos.com.