Sstt…Ma, Ini Cara Merapatkan Vagina Setelah Melahirkan!

sumber: sehatq.com

Meskipun gairah seks Mama pasca persalinan seringkali menurun, namun ada kalanya hal tersebut perlu dilakukan. Hubungan seks yang dimaksud adalah ketika Mams sudah melewati masa nifas yang biasanya berlangsung selama 3-6 minggu. Berubahnya kondisi vagina mengharuskan Mams untuk merawatnya agar tercipta kembali kehidupan seks seperti sebelumnya. Yuk, simak cara merapatkan vagina setelah melahirkan berikut ini.

Pentingnya Merawat Vagina

Hampir setiap wanita menginginkan persalinan secara pervaginam. Meskipun demikian, persalinan pervaginam memiliki dampak rasa sakit, tidak nyaman, bahkan perubahan bentuk pada vagina. Sehingga Mama perlu mengetahui cara merapatkan vagina setelah melahirkan.

Merawat vagina menjadi hal yang penting bagi wanita. Bukan hanya mencegah adanya penyakit kelamin, mengetahui cara merapatkan vagina setelah melahirkan juga memperbaiki kualitas hubungan seks pasca melahirkan. Jika tidak dirawat dengan baik, tidak hanya risiko penyakit yang mengancam namun kualitas hubungan seks pun dapat menurun. Padahal hubungan seks merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dan diprioritaskan.

Baca Juga: Posisi Seks Setelah Melahirkan Agar Tidak Sakit

Kondisi Vagina Pasca Melahirkan

menjelang melahirkan

Belum sembuh dari rasa sakit dan trauma, Mams harus merelakan adanya perubahan pada vagina setelah melahirkan. Beberapa hal yang biasanya terjadi, seperti:

  • Nyeri pada vagina. Rasa nyeri pada vagina biasanya muncul seseaat setelah melahirkan. Bahkan, ada juga yang mengalami pembengkakan. Mams bisa meredakannya dengan menggunakan mengompresnya menggunakan air dingin. Atau bisa juga dengan es batu yang telah dibalut kain, lakukanlah selama 10-20 menit. Namun jangan khawatir, nyeri pada vagina ini biasanya hilang setelah 1-3 bulan masa persalinan.
  • Vagina kering. Pasca melahirkan, kadar hormon estrogen berkurang sehingga dapat mengurangi kuantitas cairan vagina. Hal tersebut akan membuat vagina menjadi kering dan mempengaruhi kualitas seks. Mams bisa mengatasinya dengan banyak minum air putih, mengoleskan pelembab khusus vagina,  foreplay sebelum berhubungan seks dilakukan lebih lama dari biasanya, menggunakan pelumas vagina yang berbahan dasar air.
  • Ukuran Lubang menjadi longgar. Hal ini disebabkan oleh adanya peregangan otot dasar panggul selama masa persalinan. Senam kegel dapat menjadi salah satu solusi untuk mengencangkan kembali otot-otot dasar panggul.
  • Nyeri pada luka jahitan. Sebagian besar seseorang yang melahirkan secara pervaginam akan mengalami jahitan pada vagina. Luka pada jahitan tersebut terkadang menimbulkan rasa nyeri ketika Mams sedang beraktivitas. Mams bisa mengompresnya dengan air dingin, tidak mengejan terlalu kuat dengan cara banyak mengknsumsi makanan tinggi serat, dan masih banyak cara lainnya.

Baca Juga: Luka Keloid Pasca Operasi Caesar Mengganggu? Hilangkan Yuk, Mams!

Cara Merapatkan Vagina Setelah Melahirkan

1 Senam Kegel

Baca:  Siapkan 7 Hal Ini Saat Pendaftaran Sekolah Online

Cara merapatkan vagina setelah melahirkan yang satu ini sangat direkomendasikan. Senam kegel dapat dilakukan dengan cara seperti Mams sedang menahan buang air kecil. Untuk permulaan, lakukan dengan menahan otot selama 5 detik. Mams bisa mengulanginya sebanyak 10 kali dalam setiap latihan setiap 4-6 kali sehari.

2 Orgasme

Ketika orgasme, otot dasar pangung melakukan gerakan kontraksi dan melepaskan. Gerakan ini akan membuat otot dasar pinggul menguat sehingga kemampuan dalam mencapai orgasme juga semakin baik.

3 Latihan mengangkat kaki

Cara melakukannya cukup mudah. Gunakan alas pada lantai seperti matras. Berbaringlah dengan telapak tangan berada di bawah bokong sambil mengangat kaki satu persatu (bergantian) dengan lurus. Mams juga bisa memvariasikannya dengan gerakan kaki ke arah samping.

4 Vaginal cones

Bisa dibilang bahwa vaginal cones sama seperti latihan beban pada vagina yang bertujuan untuk melatih otot-otot vagina. Baca aturan pakai dan lakukanlah dua kali selama 15 menit setiap hari.

5 Diet

Untuk merapatkan kembali vagina pasca melahirkan Mams bisa mengkonsumsi makanan tinggi estrogen seperti biji wijen, delima, fenugreek, kedelai, wortel, ubi, gandum dan apel.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Pakai Korset Setelah Melahirkan

Tidak ada yang instan, begitupun saat Mams menginginkan vagina yang kencang setelah melahirkan. Dukungan dari Papa juga sangat mempengaruhi konsistensi serta semangat Mama dalam melakukan berbagai cara merapatkan vagina setelah melahirkan.

The post Sstt…Ma, Ini Cara Merapatkan Vagina Setelah Melahirkan! appeared first on Mamapapa.id.