Si Kecil Demam Setelah Imunisasi? Redakan dengan Cara Ini

Dengan imunisasi, anak akan terhindar dari berbagai penyakit lainnya. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengeluarkan prosedur pemberian imunisasi bagi puskesmas, praktik dokter swasta, dan rumah sakit agar tetap aman di tengah pandemi COVID-19. Namun, imunisasi bisa memicu efek samping, seperti demam.

Yuk simak cara meredakan demam usai imunisasi agar anak kembali ceria.

Seputar imunisasi untuk balita

Imunisasi rutin tetap harus dilakukan selama pandemi. Hal ini memang penting untuk kesehatan balita dan masyarakat sekitar. Mengutip dari National Health Security (NHS), manfaat imunisasi adalah:

  • Jauhkan anak dari penyakit serius dan berbahaya
  • Lindungi orang lain di lingkungan
  • Menurunkan prevalensi bahkan menghilangkan suatu penyakit jika banyak orang mendapat vaksin untuk suatu penyakit tertentu

Beberapa ibu mengkhawatirkan imunisasi karena dapat memicu efek samping. Oleh karena itu, banyak orang tua yang mencari cara untuk menurunkan demam setelah imunisasi atau efek samping lainnya. Namun perlu anda ketahui bahwa pemberian vaksin itu aman karena:

  • Jangan sebabkan autisme
  • Aman untuk daya tahan tubuh anak
  • Tidak mengandung merkuri
  • Vaksin telah diteliti dan diuji dengan baik untuk memastikan tidak berbahaya bagi anak-anak

Cara kerja dan efek samping setelah imunisasi

Imunisasi "mengajarkan" cara membuat sistem kekebalan antibodi untuk melindungi tubuh si kecil dari penyakit. Alhasil, sistem imun anak belajar bagaimana melawan penyakit tertentu. Metode ini jauh lebih aman daripada membiarkan seorang anak tertular penyakit dan kemudian mengobatinya setelahnya.

Vaksin dalam imunisasi umumnya adalah bakteri atau virus dalam jumlah yang sangat kecil yang telah dilemahkan atau dimatikan. Akibatnya, tidak ada risiko anak sehat untuk mengembangkan penyakit terkait vaksin dari imunisasi.

Seperti obat-obatan atau tindakan medis lainnya, imunisasi juga memiliki efek samping ringan dan tidak bertahan lama. Contoh:

  • Bengkak, ruam merah dan nyeri di tempat suntikan
  • Nafsu makan menurun
  • Muntah
  • Rewel
  • Demam

Wajar jika orang tua khawatir anaknya akan terserang demam setelah imunisasi. Akan tetapi, ada beberapa cara untuk menurunkan demam setelah imunisasi. Selain itu imunisasi dapat dilakukan di rumah dan orang tua dapat menanyakan kepada dokter tentang cara meredakan demam atau efek samping lain yang timbul setelah imunisasi.

Tips menurunkan demam setelah imunisasi

termometer rektal untuk bayi

Berdasarkan Anak-anak SeattleDemam setelah imunisasi umumnya terjadi dalam 24 jam setelah imunisasi. Ini bisa memakan waktu hingga dua hari. Saat anak demam, suhu badan anak bisa mencapai 38 ° C.

Untuk meredakan demam setelah imunisasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua. Saat mengalami demam, pastikan anak selalu minum yang cukup, seperti ASI atau air putih. Minum secara teratur dapat menambah cairan tubuh yang berkurang akibat demam, sehingga meminimalkan risiko dehidrasi.

Lalu, agar anak lebih nyaman, anak tidak perlu terlalu banyak memakai pakaian. Tujuannya agar anak tidak bertambah panas di tengah demam.

NHS juga menyatakan cara lain yang bisa dicoba adalah dengan memberikan sirup obat penurun panas yang mengandung parasetamol. Kandungan parasetamol membantu menurunkan suhu tubuh saat anak mengalami demam. Tak hanya itu, rasa nyeri atau nyeri di area suntikan juga bisa berkurang. Dengan begitu, kemungkinan anak menjadi mudah tersinggung atau rewel setelah imunisasi juga berkurang.

Agar anak mau minum sirup obat berbahan dasar parasetamol, orang tua bisa memilih sirup obat dengan rasa yang disukai anak, seperti jeruk. Tolong bapak dan ibu beri obat sesuai aturan pakai ya.

Singkatnya, demam adalah reaksi umum yang terjadi setelah imunisasi. Demam menandakan sistem kekebalan sedang bereaksi terhadap vaksin yang diberikan. Selalu tanyakan kepada dokter Anda tentang reaksi imunisasi yang harus Anda waspadai. Dengan begitu, orang tua mengetahui reaksi imunisasi yang membutuhkan penanganan secepatnya dari dokter.

Postingan Si Kecil Demam Setelah Imunisasi? Kemudahan cara ini muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Awas Ma, Masalah Psikis Bisa Sebabkan Anak Susah Makan Lho!