Sensory Board Kaya Manfaat? Bikin Sendiri Yuk, Mams!

sumber: busytoddler

Perkembangan setiap anak akan berbeda tergantung dari orang tua dan lingkungannya. Selain makanan bergizi, si kecil juga membutuhkan berbagai stimulan untuk mendukung perkembangan kemampuannya. Salah satu hal yang biasa diberikan orang tua kepada anaknya untuk merangsang perkembangannya adalah mainan. Tidak hanya sebagai media hiburan anak, banyak mainan anak yang bermanfaat dalam hal meningkatkan kemampuan motorik si kecil. Papan sensorik atau yang banyak disebut busy board adalah mainan yang memiliki segudang manfaat untuk si kecil lho, bu.

Salah satu manfaat dari papan sensorik adalah dapat memperkenalkan berbagai tekstur pada objek. Kulit adalah indra si kecil yang juga harus dirangsang. Mengetahui berbagai tekstur benda merupakan stimulan yang bermanfaat bagi si kecil. Biasanya berbagai macam reaksi terjadi saat si kecil menyentuh permukaan benda unik yang belum pernah ia sentuh. Namun biasanya ia akan penasaran dan menyentuhnya berulang kali. Selain memperkenalkan berbagai tekstur, apa lagi yang bisa Anda manfaatkan dari papan sensorik? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Asah kemampuan motorik si kecil di Kinderise

Manfaat Papan Sensorik

papan sensorik

Melatih Si Kecil untuk Memecahkan Masalah

Beberapa item pada papan sensorik biasanya merupakan sesuatu yang membutuhkan solusi untuk memainkannya. Seperti belajar memasukkan tali sepatu pada image sepatu, membuka dan menutup irama sleting dan sebagainya. Kemampuannya berpikir dalam hal memainkan papan sensorik akan melatih konsentrasi dan koordinasi otak si kecil.

Tingkatkan Ikatan Orang Tua dan Anak

Saat si kecil sibuk dengan rasa penasarannya, Mampaps yang merupakan pendamping akan memberikan contoh cara memainkan setiap item di papan sensorik.

Mulai dari pengenalan tekstur hingga item yang membutuhkan aktivitas lebih seperti mengikat, melepas, memasang, dan lain sebagainya. Adanya komunikasi, perasaan bingung dari anak dan respon dari para mampaps akan membantu meningkatkan ikatan di antara keduanya.

Baca:  Kenapa Menembak Berpotensi Bikin Anda Ditolak?

Menambahkan Pengalaman Baru untuk Indra Si Kecil

Ada berbagai jenis papan sensorik yang dapat ditemukan Mampaps di toko mainan. Mampaps bisa dipilih sesuai kebutuhan si kecil dan ukurannya sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Beberapa indera seperti sentuhan, penglihatan, pendengaran bisa dilatih melalui mainan ini. Memainkan mainan edukatif ini dengan si kecil akan membantu melatih indranya.

Baca Juga: Terbukti! 7 game rumah tangga yang bisa meningkatkan kecerdasan!

Tingkatkan Kosakata Si Kecil

Ada banyak benda dalam mainan edukasi ini. Ini biasanya Mampaps yang digunakan untuk menambah perbendaharaan kata si kecil dengan mengenalkan si kecil pada benda-benda tersebut. Faktanya, beberapa benda mungkin hanya ditemukan oleh si kecil melalui mainan ini.

Mempraktikkan Keterampilan Motorik Kasar dan Halus

Jika si kecil belum bisa berdiri, Bu bisa letakkan mainan ini di lantai dan biarkan si kecil merangkak kesana-kemari untuk bermain dengannya. Jika si kecil sudah bisa berdiri, Bunda bisa menaruhnya di dinding supaya ia berdiri untuk berpindah tempat saat memainkannya.

Ini akan memudahkan Ibu untuk melatih motorik kasar dan halusnya dengan cara yang menyenangkan tanpa harus keluar rumah.

Baca Juga: Terbukti! 9 Game untuk Anak Usia 9-12 Bulan Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Buat Papan Sensorik Hanya di Rumah

Sayangnya, harga papan sensorik sebanding dengan manfaatnya. Harganya yang cukup mahal mungkin akan membuat Mampaps membuat berbagai pertimbangan saat ingin membelinya. Eits, jangan mundur begitu saja. Mampaps bisa membuatnya sendiri seperti yang dilakukan suami Raisa, Hamis Daud, yang membuatkan papan sensorik untuk anaknya.

Lihat posting ini di Instagram

Zalina menyukai papan sensorik yang saya buat untuknya. Lihat www.harpersbazaar.co.id untuk artikelnya. Pic

Sebuah pos dibagikan oleh Hamish Daud Wyllie (Hamishdw) pada 19 Juni 2020 pukul 11:01 PDT

Seperti postingannya di Instagram @hamisdw beberapa waktu lalu, ia memperlihatkan putrinya, Zalina, yang sedang bermain dengan papan sensoriknya.

Bunda ingin membuat papan sensorik sendiri? Tidak perlu mahal, bisa juga menggunakan Mampaps yang simple. Untuk dasar-dasarnya, Mampaps bisa menggunakan bagian belakang papan tulis tebal yang biasa dijual di toko alat tulis. Jika ingin low budget, Mampap juga bisa membuatnya dari papan bekas, pastikan bagian tepi dan ujung papan diampelas agar tidak tajam.

Setelah ujung dan ujung papan dirasa sangat aman untuk bermain si kecil, barulah tempelkan benda tersebut di atasnya. Banyak benda yang bisa digunakan seperti soket, kabel, terminal kabel, sakelar, tali sepatu dengan gambar sepatu, kain dengan kancing. Untuk pengenalan tekstur, Mampap dapat menempelkan kapas, potongan keset, handuk, rumput sintetis, dan sebagainya.

Jika ingin lebih menarik, Mams bisa memilih benda atau barang yang memiliki warna yang beragam. Ayo buat papan sensorik Anda sendiri. Semoga berhasil!

Posting Papan Sensorik Kaya Manfaat? Ayo, Bu! muncul pertama kali di Mamapapa.id.