Selain Gatal, Ini Gejala Alergi Pada Kulit Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Alergi kulit merupakan reaksi alergi terhadap zat yang sebenarnya tidak berbahaya, seperti sabun, tumbuhan, dan bahan lainnya. Akan tetapi, sistem kekebalan tubuh secara keliru mengenali zat-zat ini dan mencoba menyerangnya. Akibatnya, sejumlah tanda dan gejala muncul di kulit akibat reaksi alergi ini.

Tanda dan gejala alergi kulit

Gejala alergi yang muncul bergantung pada zat yang berperan sebagai alergen dan juga sistem kekebalan tubuh manusia. Ini dapat memengaruhi berbagai organ tubuh Anda, termasuk kulit. Reaksi alergi dapat berkisar dari ringan hingga parah dan membutuhkan perawatan darurat.

Pada beberapa kasus yang parah, gejala alergi dapat memicu reaksi yang cukup berbahaya yang dikenal sebagai syok anafilaksis. Lantas, apa saja gejala alergi yang terjadi pada kulit?

1. Ruam

ruam anemia

Salah satu gejala alergi yang paling umum adalah munculnya ruam pada kulit. Anda mungkin mengira bahwa kulit bertindak sebagai pelindung bagian dalam tubuh yang pertama. Padahal, kulit juga memiliki sel-sel khusus sistem kekebalan tubuh.

Sel-sel ini kemudian melindungi kulit dan tubuh dari virus, bakteri, dan senyawa berbahaya lainnya. Jika sel mendeteksi zat yang mencurigakan, zat itu bereaksi di kulit dan menyebabkan peradangan. Reaksi sel sistem kekebalan ini akhirnya menghasilkan ruam pada kulit.

Peradangan yang terjadi pada kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk iritan dan alergen. Zat yang tidak berbahaya tetapi disalahartikan sebagai sistem kekebalan, seperti alergi logam, dapat menyebabkan ruam jika kontak langsung.

Ruam akibat alergi biasanya berwarna merah, menyebabkan iritasi kulit, dan nyeri. Selain itu, ciri alergi pada kulit ini tidak menular dan bisa hilang dalam waktu 2-4 minggu.

Jika Anda mengalami ruam dan khawatir dengan masalah kesehatan tertentu, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Kulit gatal

Secara umum gejala alergi juga bisa ditunjukkan dengan kulit yang terasa gatal. Kondisi ini biasanya terjadi di area kulit yang terkena ruam. Namun tidak sedikit juga yang tidak memiliki tanda-tanda kemerahan pada kulit dan terasa gatal tanpa diketahui keberadaannya.

Gatal berhubungan dengan kerja otak. Saat merasa gatal, tentunya refleks yang biasa dilakukan orang adalah menggaruk. Refleks ini merupakan respons perlindungan untuk membantu tubuh menghilangkan parasit dari kulitnya.

Rasa ingin menggaruk ini bisa dipicu oleh histamin, yaitu zat kimia dalam tubuh yang berkaitan dengan respon imun. Hal ini menyebabkan kulit terasa gatal dan tampak kemerahan.

Mengapa gatal semakin parah saat digaruk?

Melaporkan dari Akademi Dermatologi Amerika, gatal yang disebabkan oleh alergi (gatal pruritoceptive) dapat terjadi akibat kontak dengan alergen. Alergen yang paling sering menyebabkan alergi kulit adalah nikel atau logam.

Hal tersebut dikarenakan kandungan logam ini terdapat pada banyak produk yang di pegang setiap hari, seperti handphone, perhiasan, dan ikat pinggang. Selain nikel, bahan lain yang menyebabkan alergi pada kulit adalah lateks, cat kuku, dan pewangi.

Kebanyakan orang mungkin mengalami gatal-gatal yang tidak terlalu parah dan hanya menyebabkan ketidaknyamanan. Namun, garukan kulit yang berlebihan bisa merusak pelindung kulit dan membuat tubuh lebih mudah terkena infeksi.

3. Kulit bengkak dan kemerahan

Gejala kudis adalah kudis

Anda yang mengalami pembengkakan dan kemerahan pada kulit mungkin perlu waspada. Pasalnya, kedua hal tersebut bisa jadi merupakan gejala alergi pada kulit.

Pembengkakan pada kulit biasanya dikenal sebagai tanda urtikaria atau gatal-gatal. Umumnya, kondisi ini merupakan awal munculnya ruam.

Jika Anda melihatnya dari awal, Anda mungkin melihat bercak kemerahan yang bisa ditemukan di wajah, bibir dan telinga. Ukuran bengkak pada kulit bisa berkisar dari ukuran penghapus yang kecil hingga yang cukup besar.

Kulit yang tampak bengkak dan merah merupakan hasil respons histamin saat bersentuhan dengan alergen. Respon histamin menyebabkan plasma darah bocor keluar dari pembuluh darah kecil di kulit.

Kulit bengkak karena alergi bisa berlangsung kurang dari 6 minggu. Jika pembengkakan tidak kunjung membaik, kemungkinan kondisi ini merupakan masalah kronis dan memerlukan pengujian alergi kulit.

4. Benjolan

Ruam besar dan gatal adalah kondisi yang cukup umum dan biasanya disebabkan oleh banyak hal, terutama reaksi alergi. Sebagai gejala alergi pada kulit, benjolan pada kulit sangat bervariasi tergantung penyebabnya.

Ada sebagian orang yang melihat warna benjolan yang dimilikinya terlihat sama. Namun, ada juga banyak benjolan berwarna berbeda. Benjolan pada kulit juga memiliki perbedaan berdasarkan penyebabnya, seperti dermatitis kontak alergi.

5 Penyebab gatal-gatal yang sering tidak disadari

Kulit dengan ruam dan gatal akibat alergi biasanya muncul beberapa jam hingga berhari-hari setelah kulit bersentuhan dengan alergen. Selain itu, ruam pada benjolan kulit juga terbatas pada area dimana senyawa tersebut mengiritasi kulit.

Jika Anda mengalami gejala tersebut dan rasa gatal tak tertahankan, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

5. Kulit mengelupas dan pecah-pecah

kulit wajah mengelupas

Apakah kulit Anda terasa kering, tebal, dan bersisik? Ataukah kulit Anda juga mengelupas dan pecah-pecah hingga terasa sakit? Jika ya, Anda mungkin mengalami gejala reaksi alergi pada kulit.

Kondisi yang sedang Anda alami mungkin bukan hanya masalah kulit kering biasa. Kulit yang bersisik dan pecah-pecah di beberapa bagian, seperti tangan dan kaki, bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda alergi terhadap sesuatu.

Mirip dengan alergi kulit lainnya, kulit pecah-pecah disebabkan oleh paparan berulang terhadap alergi yang sama.

Akibatnya, sistem kekebalan mengaktifkan respons yang menghasilkan berbagai masalah pada kulit, dari kulit kering hingga mengelupas dan pecah-pecah. Alergi obat dan tumbuhan adalah dua jenis alergi yang paling sering menyebabkan kondisi ini.

Kapan harus ke dokter

Beberapa gejala alergi kulit yang disebutkan di atas mungkin terdengar sepele. Ada kalanya masalah kulit ini bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu bila mengalami gejala di bawah ini, segeralah pergi ke rumah sakit untuk berobat.

• Sulit untuk bernafas.
  • Wajah bengkak.
  • Mengalami nyeri sendi dan demam.
  • Minum obat selain yang direkomendasikan dokter Anda.
  • Pengobatan rumahan tidak berhasil dan gejalanya semakin parah.

Postingan Selain Gatal, Ini Gejala Alergi Kulit Lain yang Perlu Diketahui Muncul Pertama Kali di Hello Sehat.

Baca:  Wacana Pendidikan Militer: Jika Anak Anda Ikut, Setuju atau Tidak?