Robot Disinfektan & Boks Sterilisasi Udinus Tuai Pujian Wagub Jateng

Robot Disinfektan & Boks Sterilisasi Udinus Tuai Pujian Wagub Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin memberikan keterangan pers usai memimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Pendapa Sipanji, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (11/10/2019). (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, SEMARANG – Robot desinfektan dan kotak sterilisasi buatan Program Studi S1 ​​Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro Semarang ini mendapat pujian dari Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Ia melihat secara langsung saat Wakil Gubernur Jawa Tengah mengamati robot buatan Udinus di Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Wakil Gubernur Jawa Tengah yang akrab disapa Gus Yasin menilai robot desinfektan dan kotak sterilisasi buatan Undip mampu berkontribusi mencegah penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah. Demikian disampaikan Gus Yasin saat meninjau robot desinfektan dan boks sterilisasi buatan Udinus di MAJT, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Balikkan Hoax: Vaksin Covid-19 yang Dibuat Sebelum Pandemi?

Menurut Wakil Gubernur Jawa Tengah, robot dan kotak sterilisasi buatan Udinus sangat inovatif dan bermanfaat menekan penularan Covid-19 dari penggalangan dana, terutama di masjid dan tempat ibadah lainnya.

“Kita semua tahu bahwa penularan Covid-19 tidak hanya datang dari tetesan atau tatap muka. Namun penularannya bisa dari benda-benda di sekitarnya, salah satunya melalui uang. Mudah-mudahan alat ini bisa diproduksi secara massal,” kata Gus Yasin di sela-sela acara. pernyataan resmi diterima Semarangpos.com-kelompok Solopos.com.

Desain ulang

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Udinus Zaenal Arifin mengatakan, robot desinfektan digunakan untuk mensterilkan ruang utama MAJT tempat sembahyang digunakan. “Penggunaan robot desinfektan di MAJT merupakan yang kedua kalinya kami lakukan. Robot yang kami gunakan kali ini sudah didesain ulang sehingga memberikan hasil yang maksimal dari sebelumnya,” kata Zaenal.

Sedangkan kotak sterilisasi digunakan untuk mensterilkan kotak infak. Dalam pekerjaannya, kotak sterilisasi menggunakan ozon dan sinar ultraviolet sebagai proses mensterilkan benda-benda yang ada di dalam kotak.

Baca:  Asosiasi Media Siber Indonesia Jateng akan Gelar Konferensi, Dilengkapi Seminar Cara Bikin Konten

Baca juga: Berikut Cara Mengunduh Video Youtube Tanpa Aplikasi …

Tak hanya itu, agar uang yang ada di dalam kotak bisa benar-benar steril, tim dari Udinus ini juga menambah empat keping kipas atau kipas angin untuk meniup ozon keluar dari kotak. Proses sterilisasi berlangsung selama tiga menit.

“Riset ini merupakan salah satu masukan yang diberikan MAJT dan kemudian kami implementasikan menjadi sebuah gagasan untuk mencegah penularan Covid-19 melalui donasi. Kami akan terus berkontribusi selama pandemi ini. Orang yang mengoperasikan kotak sterilisasi selama proses tersebut dilarang dibuka. tutup kotak, karena ozon dan sinar UV berbahaya bagi tubuh, ”tambah Zaenal.

KLIK dan SUKA untuk lebih banyak berita Solopos

Postingan Robot Disinfektan & Kotak Sterilisasi Udinus Mendapat Pujian dari Wakil Gubernur Jawa Tengah muncul pertama kali di Solopos.com.