Resmi Lebaran 2021 Mudik Dilarang Mampaps!

Resmi Lebaran 2021 Mudik Dilarang Mampaps!

Tahun kedua aturan mudik dilarang karena pandemi sudah kembali mewabah, Mampaps! Memang sebelumnya pemerintah menghapuskan cuti saat Idul Fitri dan tidak mengeluarkan larangan mudik. Larangan ini tentunya diambil dengan mempertimbangkan risiko penularan Covid-19 yang saat ini masih berjalan di Indonesia.

Cukup susah untuk tidak mudik lebaran ya Mampaps karena tidak bisa kumpul bareng keluarga dan kerabat terdekat di kampung halaman. Namun tidak ada salahnya hal ini kami lakukan lagi untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, baik di rumah maupun di desa. Nah, bagi Mampaps yang berencana mudik dan menghabiskan lebaran di kampung halaman pada 6-17 Mei 2021 lebih baik menginap. tinggal di rumah dulu demi keamanan anggota keluarga. Mudik dilarang, tentunya demi kebaikan semua, Mampaps

Penghapusan cuti Idul Fitri

Sumber gambar: pexels.com

Sebelum aturan mudik dilarang, pada Februari 2021, pemerintah pusat secara resmi memotong cuti bersama menjadi dua hari pada 2021. Hal itu tertuang dalam SKB, yang sebelumnya berisi tujuh hari cuti bersama pada 2021.

Baca juga: Tidak Pulang Saat Lebaran? Lakukan ini bahkan di rumah

Kesepakatan penghapusan cuti bersama ini dituangkan dalam SKB Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 281 Tahun 2021 Nomor 1 Tahun 2021 Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Keputusan Bersama. Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara. dan Reformasi Birokrasi Nomor 642 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021.

Selain penghapusan cuti bersama Idul Fitri 1442 Hijriah pada 17-19 Mei 2021, ada beberapa cuti bersama yang dihapuskan, yaitu: Cuti Bersama dalam rangka Isra Miraj Nabi Muhammad SAW pada 12 Maret dan Bersama Berangkat dalam rangka Natal 2021 pada 27 Desember.

Baca:  Terapi Aquarium Bikin Sehat Fisik dan Mental Lho!

Adapun sisa cuti bersama pada 12 Mei dalam rangka Idul Fitri 1442 Hijriah, dan 24 Desember dalam rangka Natal 2021. Meski tidak semuanya dicopot, pemerintah berharap masyarakat tetap taat kepada aturan yang berlaku, agar penularan Covid-19 tidak bertambah banyak karena di hari seperti Idul Fitri mendatang.

Putusan Mudik Dilarang

Mudik dilarang dari 6 hingga 17 Mei 2021, yang telah menjadi keputusan yang diambil oleh pemerintah untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Mengingat tingginya angka penularan dan kematian Covid-19, hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy berdasarkan hasil rapat menteri, Jumat (26/3/2021).

Baca Juga: Resmi Potong Cuti Bersama, Cari Tahu!

Meski belum sepenuhnya dipangkas, pemerintah masih menyisakan satu hari untuk cuti bersama yang tentunya tidak digunakan untuk kegiatan mudik. Muhajir juga mengatakan aturan larangan mudik akan diatur lebih lanjut oleh Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dalam pertemuan tersebut, Muhadjir menyampaikan bahwa “mekanisme pergerakan orang dan barang akan diatur oleh kementerian dan lembaga terkait. Untuk kegiatan keagamaan dalam rangka menyambut Ramadhan, Kementerian Agama Republik Indonesia akan menyelenggarakan dan berkonsultasi. dengan organisasi keagamaan. "

Patut dicatat, Mampaps, kebijakan larangan mudik ini diambil sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada 23 Maret 2021. Larangan Mudik 2021 tentu berlaku bagi seluruh pegawai ASN / TNI-Polri serta pekerja mandiri dan seluruh komunitas.

Muhadjir juga menambahkan bahwa “sebelum dan sesudah ini, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau aktivitas apapun di luar daerah, kecuali jika memang mendesak dan perlu”.

Selain dilarang mudik, sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah hingga saat ini, mulai dari mengajukan izin tinggal di rumah dan mematuhi protokol kesehatan hingga pemberian vaksin hingga saat ini. Begitu, ayo bantu pemerintah bersama-sama kurangi risiko penularan Covid-19 yang hingga saat ini masih banyak yang tertular!

Baca:  Ma, Perlukah Melakukan USG Transvaginal Saat Promil?

Tenang Mampaps, meski aturan mudik terlarang sudah diberlakukan, kita tetap bisa berteman baik dengan kerabat di kampung halaman! Mampaps dapat memanfaatkan aplikasi tersebut panggilan video Untuk saling menyapa, jika ingin berbagi THR juga bisa dilakukan dengan cara transfer atau kirim paket sembako ke kampung halaman. Bukankah sulit menjaga hubungan baik?

Ayo kita dukung gerakan pemerintah dalam mengurangi jumlah penularan dan kematian akibat Covid-19 mulai dari mematuhi protokol kesehatan hingga mengikuti aturan baru seperti larangan mudik 2021. Semoga bermanfaat Mampaps, salam sehat selalu.

Postingan Resmi Mudik Lebaran 2021 Dilarang Dihalangi! muncul pertama kali di Mamapapa.id.