Pemkab Wonogiri Usulkan 3 Lokasi untuk TMMD Tahun Depan, Mana Saja?

Pemkab Wonogiri Usulkan 3 Lokasi untuk TMMD Tahun Depan, Mana Saja?
tmmd brenggolo wonogiri 2021

Solopos.com, WONOGIRI – Program Desa Gedung TNI Manunggal atau TMMD Reguler ke-110 2021 di Dusun Gemawang, Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, telah selesai. Selanjutnya ada tiga tempat yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri untuk lokasi TMMD Reguler 2022.

Pada Rabu (31/3/2021), penandatanganan naskah penyerahan hasil kegiatan TMMD dilakukan dalam rangka penutupan TMMD reguler ke-110 tahun 2021 di Ruang Khayangan, Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri. Acara tersebut dihadiri oleh Danrem 074 / Warastratama Solo, Kolonel Inf Deddy Suryadi.

Dandim 0728 / Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi mengatakan, TMMD di Brenggolo menargetkan 26 kegiatan fisik dan sejumlah kegiatan non fisik sudah selesai pada Rabu.

Baca juga: Disdikbud Ungkap Seluruh SD dan SMP di Wonogiri Siap Gelar Uji Coba PTM Tapi …

Kegiatan yang dimulai dari 2 Maret 2021 hingga 31 Maret 2021 ini diawali dengan kegiatan pra-TMMD selama tiga minggu.

“Dengan selesainya kegiatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk kelancaran transportasi dan perekonomian warga. Hasil panen atau hasil panen warga yang sebelumnya masih terbawa jalan kaki, kini bisa dimanfaatkan. [diangkut] dengan transportasi. Sehingga akses ekonomi warga Brenggolo akan semakin mudah, ”ujarnya.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Wonogiri mengusulkan tiga tempat yang akan digunakan untuk lokasi TMMD reguler. Ketiga tempat tersebut berada di Kecamatan Purwantoro, Tirtomoyo, dan Eromoko.

Baca juga: Uji Coba Tatap Muka SMA, SMK, MAN di Wonogiri Tanpa Sif

“Anggaran sudah kita siapkan, kita dorong. Saat ini kita sedang berkoordinasi dengan beberapa pihak, terutama TNI sebagai bentuk sinergi. Program tersebut dimaknai sebagai kegiatan yang berkesinambungan dan berkelanjutan,” ujarnya.

Ia mengatakan yang tidak kalah pentingnya dengan program tersebut adalah sejumlah kegiatan non fisik. Kegiatan berupa pelatihan dan pendidikan berwawasan kebangsaan menumbuhkan nasionalisme warga sekitar.

Baca:  Pameran aquascape dan tanaman hias untuk dongkrak UMKM

“Sungguh menakjubkan, keikutsertaan masyarakat dari berbagai lapisan masyarakat memiliki semangat gotong royong,” ucapnya.

Diketahui, TMMD di Brenggolo memiliki 26 target fisik yang meliputi penyiapan badan jalan, empat titik drainase, dua pos pengamanan, makadam jalan satu kilometer, dua titik jembatan, dua titik rabat beton, tiga tiang penyangga gorong. buis beton, tujuh talang jalan dan empat relung. bambu. Selain itu juga dilakukan sejumlah kegiatan non fisik.

Baca juga: Dilarang Idul Fitri, Ini Langkah Bupati Wonogiri

Sasaran fisik program TMMD di Desa Brenggolo adalah menggarap jalan yang menghubungkan Dusun Gemawang dengan Dusun Tempel, Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Pacitan.

Anggaran yang digunakan dalam pembangunan tersebut adalah Rp 1.547.027.850. Dengan rincian, APBD provinsi Rp 175 juta, APBD kabupaten Rp 1.087.208.500 dan swadaya desa Rp 284.819.350. (M. Aris Munandar)

Postingan Pemkab Wonogiri Usulkan 3 Lokasi TMMD Tahun Depan, Mana? muncul pertama kali di Solopos.com.