Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Hai Mampaps, kini donor darah sudah menjadi kegiatan rutin bunda dan papa yang selalu mendonor darah. Kegiatan donor darah ini merupakan proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela kemudian disimpan di bank darah untuk disalurkan kepada orang yang membutuhkan darah (transfusi darah). Manfaat donor darah lumayan banyak lho, Mampaps.

Bukan hanya kita mengetahui golongan darah kita, tetapi juga manfaat dari donor darah membuat kita tahu tentang kondisi kesehatan kita. Pasalnya, sebelum donor darah akan dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin meliputi tekanan darah, denyut nadi, suhu tubuh, tinggi badan, berat badan, hemoglobin, penyakit dalam, hepatitis A dan C, HIV / AIDS, dll.

Amankah mendonorkan darah selama pandemi?

Manfaat donor darah
Donor Darah Selama Pandemi

Kegiatan donor darah dilakukan secara rutin minimal 3 bulan sekali. Selama pandemi Covid-19 saat ini, kegiatan donor darah tidak boleh berhenti selama protokol kesehatan diterapkan, seperti:

  1. Donor akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh terlebih dahulu
  2. Donor mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir
  3. Donor akan menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter
  4. Donor akan memeriksakan kadar hemoglobin (Hb) dan tekanan darahnya
  5. Antar donor masih berlaku jarak fisik selama proses donor darah

Mampaps, hingga saat ini belum ada laporan kasus yang menyebutkan bahwa virus yang menyerang sistem pernafasan, termasuk virus Corona, ditularkan melalui transfusi atau dari donor darah. Darah yang keluar akan melalui beberapa proses pemeriksaan, penyaringan, dan pemisahan komponen sehingga aman untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Baca Juga: Alat Kesehatan yang Wajib Dimiliki di Rumah Saat Pandemi!

Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Mampaps, banyak sekali manfaat donor darah bagi kesehatan kita antara lain:

Mengetahui Golongan Darah

Mampaps yang akan melakukan donor darah akan mengecek salah satu golongan darahnya. Salah satu manfaat donor darah tentunya kita tahu apa golongan darah kita, Mampaps.

Baca:  5 Manfaat Pijat Vagina Bagi Wanita

Lakukan pemeriksaan kesehatan

Mama Papa yang akan melakukan donor darah terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Pemeriksaan kesehatan gratis ini biasanya meliputi pemeriksaan suhu tubuh, denyut nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb).

Selain itu, darah yang akan didonorkan akan diperiksa HIV, virus hepatitis B, dan virus hepatitis C. Jika hasilnya positif, Mampaps akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan menjalani perawatan medis.

Jadi, dengan kata lain, manfaat donor darah sama dengan mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Dengan melakukan donor darah, peredaran darah Mampaps akan lebih baik. Jantung akan dilatih untuk terus memompa darah sehingga dapat meningkatkan zat besi dalam darah dan membuat tubuh lebih sehat serta mengurangi risiko menderita penyakit jantung.

Baca Juga: Wah, Manfaat Berenang Ternyata Membantu Penyembuhan Gangguan Jantung!

Meningkatkan Sel Darah Merah

Mampaps, manfaat donor darah secara teratur bisa membantu merangsang produksi sel darah baru. Ketika sel darah merah kita berkurang, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan sel yang hilang. Dengan rutin mendonorkan darah, tubuh Anda terpicu untuk membentuk darah baru yang segar.

Kembangkan Semangat Sosial

Jika Mampaps rutin mendonor darah, maka akan menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama yang membutuhkan. Dengan mendonorkan darah kita telah turut serta menyelamatkan nyawa orang lain karena darah yang telah kita sumbangkan dapat diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan pertolongan yang pada saat itu membutuhkan darah.

Mendapatkan Kesehatan Psikologis

Manfaat donor darah bisa membuat Mampaps merasa lebih bahagia. Dengan rutin mendonorkan darah kita akan merasa bisa membantu sesama dengan tubuh kita sendiri.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Kesehatan Mental

Begitu Kegiatan donor darah Mampaps merupakan kegiatan luhur yang mampu membantu masyarakat yang membutuhkan bahkan dapat membantu kehidupan seseorang. Demi keamanan di pandemi saat ini, kegiatan donor darah tetap bisa dilakukan asalkan dipatuhi protokoler.

Baca:  Sensory Board Kaya Manfaat? Bikin Sendiri Yuk, Mams!

Postingan Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan muncul pertama kali di Mamapapa.id.