Makan Taoge Bikin Pria Lebih Subur, Fakta atau Mitos?

Setiap pria pasti menginginkan spermanya subur agar bisa memiliki keturunan. Semua cara bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan pria, misalnya dengan menjaga berat badan atau asupan makanan. Salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria adalah tauge atau tauge. Banyak pria kemudian suka makan kecambah dalam upaya meningkatkan kesuburan.

Tapi, benarkah tauge bisa meningkatkan kesuburan pria? Ataukah ini hanya mitos belaka?

Kecambah mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan pria untuk meningkatkan kesuburannya. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti paparan sinar matahari, kurang tidur, atau asap rokok. Banyaknya antioksidan di dalam tubuh bisa membantu melindungi kualitas sperma pria.

Apa efek antioksidan pada sperma?

Nah, tauge banyak mengandung antioksidan berupa vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Dalam satu cangkir tauge mentah terdapat 14 mg vitamin C, 22 IU vitamin A berupa beta karoten dan alfa-karoten, dan 0,1 mg vitamin E dalam bentuk alfatocoferol. . Jadi, dengan mengonsumsi tauge kamu bisa mendapatkan banyak antioksidan yang bisa menjaga kualitas sperma.

Jika Anda merokok atau sering terpapar asap rokok, sebaiknya perbanyak asupan makanan yang mengandung antioksidan. Tidak hanya dari mengonsumsi tauge, tetapi juga makanan lainnya, seperti wortel, tomat, jeruk, kiwi, serta sayur dan buah lainnya.

Kecambah mengandung asam folat

Tak hanya antioksidan, tauge juga mengandung asam folat yang juga diperlukan untuk meningkatkan kesuburan pria. Jadi, tidak hanya wanita yang perlu memenuhi kebutuhan asam folatnya sebelum mencoba hamil, pria juga membutuhkan nutrisi ini.

Apa efek asam folat pada kesuburan pria?

Asam folat atau yang juga dikenal dengan vitamin B9 diperlukan untuk membantu pembentukan DNA, memproduksi dan memelihara sel baru, serta membuat sel darah merah yang sehat. Jadi, pemenuhan kebutuhan asam folat tentunya sangat diperlukan baik bagi pria maupun wanita sebelum mereka berusaha memiliki keturunan.

Selain mengonsumsi tauge, makanan lain yang juga mengandung asam folat adalah brokoli, bayam, daun kangkung, dan sayuran hijau lainnya. Kentang, jeruk, dan sereal yang diperkaya juga mengandung asam folat. Untuk itu, sangat disarankan agar Anda para pria menambah asupan sayur dan buah setiap hari.

Kandungan nutrisi lain pada tauge

Kecambah juga mengandung vitamin K dan zat besi, meski jumlahnya tidak terlalu tinggi. Satu cangkir tauge mentah mengandung 34 mg vitamin K dan 1 mg zat besi. Vitamin K sangat penting dalam proses pembekuan darah, mineralisasi tulang, dan juga membantu menjaga kepadatan tulang. Sedangkan zat besi dibutuhkan untuk mengangkut oksigen dalam darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh dan juga untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Postingan Makan Kecambah Bikin Pria Lebih Subur, Fakta atau Mitos? muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  4 Alasan Tubuh Tetap Perlu Kalsium di Masa AKB