Ma, Perlukah Melakukan USG Transvaginal Saat Promil?

sumber: grid.id

Kesehatan alat reproduksi wanita menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, terutama saat ingin melakukan program kehamilan. Sebelum memutuskan untuk hamil, Bunda sebaiknya melakukan pengecekan kondisi rahim atau organ reproduksi untuk memastikan semuanya baik-baik saja dan siap untuk dibuahi. Salah satu metode yang biasa digunakan untuk memeriksa kesehatan organ reproduksi adalah USG, baik USG panggul maupun USG transvaginal saat promil.

Cara USG sudah sering terdengar di masyarakat. USG sendiri merupakan metode yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang dapat menghasilkan gambaran tentang kondisi internal tubuh. Dengan USG, dokter dapat melihat apakah ada kelainan atau masalah pada organ, jaringan, struktur tanpa harus membedahnya.

Untuk program kehamilan, ada dua jenis metode USG, yaitu USG transvaginal dan USG panggul. Kali ini kita akan membahas tentang USG transvaginal di promil. Sebenarnya, seberapa pentingkah USG transvaginal dilakukan ketika Mampaps memutuskan untuk mengadakan pesta prom?

Baca Juga: Merencanakan Promil yang Sehat untuk Kehamilan yang Sehat

Apa itu USG Transvaginal

USG transvaginal merupakan salah satu jenis USG yang dapat menggambarkan kondisi organ reproduksi wanita, seperti rahim, ovarium, saluran tuba, leher rahim dan vagina. Layaknya USG pada umumnya, USG transvaginal juga menggunakan gelombang suara untuk merekam dan mengirimkan gambar bagian tubuh pasien ke monitor.

Pemeriksaan USG transvaginal merupakan jenis pemeriksaan internal, karena dokter akan memasukkan alat USG sepanjang 5-7 cm ke dalam vagina calon ibu hamil. Biasanya USG transvaginal berlangsung 30-60 menit untuk mendeteksi adanya gangguan atau masalah pada organ reproduksi. Jika ibu hamil sedang haid, USG transvaginal tetap bisa dilakukan dengan melepas perban yang menempel. Namun, sebaiknya pilih tanggal pemeriksaan yang bertepatan dengan masa subur.

Baca Juga: Vitamin E untuk Promil, Bisakah Anda Cepat Hamil?

Pentingnya USG Transvaginal di Promil

Sebelum menjalani pemeriksaan USG transvaginal, Mampaps harus mengetahui manfaat dari metode pemeriksaan yang satu ini. Berikut ini adalah pentingnya USG transvaginal saat promil.

  • Mendeteksi tingkat kesuburan calon ibu hamil. Jika USG transvaginal saat promil dilakukan setelah dokter telah memberikan obat peningkat kesuburan sebelumnya. Dokter bisa mengetahui tingkat kesuburan atau vitamin yang dikonsumsi, apakah berjalan dengan baik atau tidak.
  • Periksa kelainan atau masalah pada organ reproduksi calon ibu hamil, seperti vagina, saluran tuba, rahim, dan ovarium.
  • Mendeteksi atau tidak masalah seperti kista atau miom.
Baca:  13+ Tanda-tanda hamil ini bisa dipercaya, deteksi kehamilan sejak dini

Apa yang harus dipersiapkan sebelum USG Transvaginal?

Ada beberapa hal yang mams harus lakukan sebelum melakukan USG transvaginal saat promil agar pemeriksaan berjalan lancar dan optimal. Biasanya dokter akan menanyakan tentang kondisi calon ibu. Misalnya mengenai siklus haid, gaya hidup, obat-obatan yang rutin dikonsumsi, dan ada tidaknya keluhan di tubuh calon ibu hamil. Beberapa hal yang biasanya dilakukan sebelum calon ibu menjalani USG transaginal saat promil, yaitu:

  • Calon ibu hamil disarankan untuk mengosongkan kandung kemih (puasa) sebelum melakukan USG transvaginal.
  • Jika pasien sedang menstruasi, dokter akan melanjutkan rangkaian pemeriksaan USG transvaginal. Biasanya dokter akan meminta orang yang bersangkutan untuk melepas pembalut tersebut.
  • Pasien tidak disarankan untuk memakai perhiasan, baik logam maupun logam.
  • Menggunakan pakaian khusus yang telah disediakan rumah sakit.

Baca juga: Menjalani Program Kehamilan? Hindari Makanan Ini!

Adakah Risiko atau Efek Samping Pemeriksaan Ultrasonografi Transvaginal?

Pada dasarnya USG transvaginal saat promil tidak menimbulkan efek samping pada calon ibu hamil. Sebab, USG transvaginal tidak menggunakan paparan radiasi dalam metodenya seperti CT scan atau rontgen. Namun, ada efek samping kecil jarang terjadiyaitu munculnya alergi terhadap bahan gel atau lateks. Hal ini dapat terjadi karena prosedur USG transvaginal menggunakan bahan gel atau lateks.

Posting Ma, Haruskah Anda Melakukan USG Transvaginal Selama Promil? muncul pertama kali di Mamapapa.id.