Komnas KIPI: Belum Ada Laporan Efek Samping Serius Vaksin Covid-19

Komnas KIPI: Belum Ada Laporan Efek Samping Serius Vaksin Covid-19
vaksin synovac efek samping vaksin covid-19

Solopos.com, SOLO – Komisi Nasional Tindak Lanjut Pasca Imunisasi atau KIPI menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada laporan efek samping dari vaksin Covid-19.

Demikian disampaikan Ketua Komnas KIPI Prof Hindra Irawan Satari dalam rilis tertulis yang diterima Solopos.com pada Sabtu (16/1/2021).

Banyak yang berbeda dari Samsung Galaxy S21 + 5G, Anda harus meningkatkan!

“Alhamdulillah sampai sekarang [15/1/2021] Tidak ada laporan insiden tindak lanjut pasca imunisasi yang serius. Sehingga jika ada kejadian yang tidak diinginkan atau kejadian luar biasa, masyarakat harus melaporkannya ke fasilitas kesehatan. Laporan-laporan tersebut akan dicatat dan ditindaklanjuti oleh KPU Daerah dan Komnas KIPI yang merupakan panitia independen yang mengkaji hal tersebut, ”jelasnya.

Terkait KIPI, Hindra mengatakan hal ini merupakan efek alami dari produk vaksin yang bisa berupa kemerahan, nyeri, dan demam.

Cegah Penyebaran Covid-19 dengan Menyatakan Saya Siap Vaksin

“Vaksin ini merupakan produk biologi, jadi bila dimasukkan ke dalam tubuh reaksi alamiahnya adalah menimbulkan reaksi lokal di tempat suntikan berupa kemerahan, nyeri, bahkan hingga demam. Namun data menunjukkan bahwa gejalanya kurang dari 1 persen dan bisa hilang dengan sendirinya, ”tambahnya.

Jangan Lewatkan, Talkshow Melihat Ekonomi 2021 bersama Gibran, Praktisi, dan Pakar

Vaksin Covid-19 Aman

Dalam kesempatan itu, Hindra juga meyakinkan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 sudah teruji keamanan dan khasiatnya bahkan tidak ditemukan efek samping yang serius.

“Vaksin ini sudah kami uji baik di luar negeri maupun di dalam negeri dan hasilnya sudah kami peroleh sehingga memberikan perlindungan tambahan yang cukup bagi kami dan melengkapi upaya pencegahan kami,” imbuhnya.

Menjelang Penetapan Walikota dan Walikota Terpilih, Polres Solo: Tak Ada Konvoi!

Baca:  Masih dirawat akibat COVID-19, Trump ingin tetap berkampanye

Ia pun menanggapi banyaknya masyarakat yang masih khawatir dengan efek vaksin Covid-19. Ia menegaskan, masyarakat tidak harus percaya dengan berita hoax yang beredar mengenai efek samping vaksin ini.

“Saya kira masyarakat takut divaksinasi karena ada kabar palsu terkait vaksin Covid-19, masyarakat tidak perlu terlalu khawatir dan tidak mudah percaya dengan kabar hoax yang beredar. Apalagi terkait kabar vaksin yang Bisa berdampak serius. Badan Pengawas Obat dan Makanan tidak akan memberikan izin penggunaan jika vaksin Covid-19 terbukti tidak aman, ”pungkasnya.

Postingan Komnas KIPI: Belum ada laporan efek samping serius dari vaksin Covid-19 yang muncul pertama kali di Solopos.com.