Kilas Balik Perjalanan Karier Ayu Ting Ting Selama 14 Tahun

Kilas Balik Perjalanan Karier Ayu Ting Ting Selama 14 Tahun

Sosok populer pedangdut Ayu Ting Ting memang kerap menjadi perbincangan publik. Ada banyak kontroversi mengenai dirinya, baik tentang karirnya dan terutama asmara. Namun, penyanyi yang berhasil mempertahankan karier selama lebih dari sepuluh tahun ini tak serta merta meraih kesuksesan dalam sekejap. Dimulai dengan menjadi penyanyi dangdut travelling hingga masuk ke dapur rekaman, berikut ini kilas balik karir Ayu Ting Ting.

Diundang oleh ibu

Kilas Balik Perjalanan Karir 14 Tahun Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting yang bernama asli Ayu Rosmalina memulai karirnya berkat ibunya, Umi Kalsum. Sejak berusia 13 tahun, ibunda Ayu Ting Ting kerap mengajaknya tampil dari panggung ke panggung untuk mengisi acara pernikahan. Ini karena Umi Kalsum melihat dan menyadari bahwa anaknya memiliki bakat menyanyi. Sebagai pedangdut keliling, Ayu mendapat honor Rp 250 ribu sehari.

Honor yang didapatnya digunakan untuk membiayai sekolahnya hingga sekolah menengah pertama. Fakta menariknya, Ayu sama sekali tidak berlatih vokal. Iya yakin bahwa bakatnya telah diturunkan dari ibunya dan berkat pengalamannya dari panggung ke panggung.

Awalnya bercita-cita menjadi model

Kilas Balik Perjalanan Karir 14 Tahun Ayu Ting Ting

Penyanyi kelahiran 20 Juni 1992 itu pun menceritakan bahwa sebelum menjadi pedangdut ia awalnya ingin menjadi seorang model. Ayu Ting Ting kurang menyukai pedangdut karena stereotipnya tentang penyanyi dangdut.

"Waktu aku masih sekolah, kamu pikir seperti & # 39; Penyanyi dangdut apa sih? Kata Ayu Ting Ting di saluran YouTube DAD Entertainment. "Aku mau jadi model. Karena dulu ayahku sering ikut fashion show," dia menambahkan.

Namun, ketidaksukaan dan stereotipnya berubah saat pertama kali ia mampu menghasilkan uang dengan menyanyikan dangdut. Ayu merasa bangga pada dirinya sendiri karena di usianya yang masih muda sudah bisa menghasilkan uang.

Baca:  Ide Resolusi Keuangan Tahun Baru

Masuk ke dapur rekaman dan memenangkan berbagai penghargaan

Kilas Balik Perjalanan Karir 14 Tahun Ayu Ting Ting

Setelah bernyanyi dari panggung ke panggung, Ayu akhirnya dikenalkan dengan produser rekaman oleh seorang pencipta lagu. Pada tahun 2006, pedangdut asal Depok ini merilis album perdananya yang berjudul G.Hei, hei. Nama "Ting-Ting" sendiri diambil dari satu nama tunggal di album pertamanya. Lewat lagu "Alamat Palsu" gubahan Dadan, nama Ayu melambung tinggi dan dikenal banyak orang.

Seiring popularitasnya meningkat, Ayu mulai mengikuti berbagai ajang penghargaan. Mulai tahun 2011, dia menang di Klik! Penghargaan sebagai artis penyanyi fenomenal terbaik.

Setelah itu, dari tahun ke tahun Ayu selalu dinominasikan di berbagai ajang penghargaan. Hingga November lalu, ia berhasil meraih empat penghargaan di Anugerah Dangdut Indonesia 2020 kategori Penyanyi Dangdut Paling Wanita di Hati, Penyanyi Dangdut Terpopuler, Lagu Dangdut Paling Banyak di Hati, dan Fanbase Akrab.

Hingga saat ini Ayu Ting Ting sudah melepas belasan tunggal dari beberapa album. Popularitas single terbarunya yang berjudul Akang Kendang kembali membuktikan pamor Ayu Ting Ting di kancah perang Indonesia.

Tawaran itu memindahkan genre ke dunia peran

Kilas Balik Perjalanan Karir 14 Tahun Ayu Ting Ting

Karier putri sulung pasangan Abdul Rozak dan Umi Kalsum tak berhenti sampai di situ. Ayu Ting Ting mengaku banyak yang menawarinya beralih genre seperti musik pop. Namun karena kecintaannya pada musik dangdut dan pertama kali mencari uang dari musik dangdut, ia enggan berpindah genre.

Kepribadiannya yang lucu dan ceria membuat sosok Ayu Ting Ting semakin dicintai publik. Ayu Ting Ting mulai mendapat kesempatan untuk membintangi dan membawakan beberapa acara televisi. Hingga saat ini ia telah membintangi 12 acara televisi dan 11 iklan.

Baca:  Gaya Khas Britney Spears di Tahun 90an yang Masih Hits Hingga Sekarang

Selain sebagai penyanyi dan pembawa acara dangdut, Ayu juga merambah dunia akting. Ia pernah bermain di sinetron dan film, salah satunya di film "Dimsum Martabak" yang diproduksi oleh RA Pictures dengan Boy William sebagai lawan mainnya.

Kunci suksesnya adalah orang tua

Kilas Balik Perjalanan Karir 14 Tahun Ayu Ting Ting

Selama 14 tahun berkarir, Ayu tak memungkiri telah melewati banyak suka dan duka. Di awal karirnya, ia merasa cukup lelah dan berat namun seiring berjalannya waktu ia mulai terbiasa dan melihatnya sebagai pelajaran untuk menjadikan dirinya kuat baik secara mental maupun fisik. Menurut ibu Bilqis, kunci sukses kariernya ada pada orang tuanya.

"Tetap semangat dan jangan jauhkan orang tuamu, itu saja. Kuncinya orang tua," Kata Ayu. Tak ketinggalan, Ayu juga terus menjalin silaturahim dengan penyanyi senior yang memiliki banyak pengalaman.

Selama lebih dari 10 tahun berkarir di dunia hiburan Indonesia, rupanya popularitas Ayu Ting Ting tak kunjung pudar. Pemilik akun Instagram @ ayutingtin92 ini bahkan sudah menjadi salah satu artis Indonesia yang punya pengikut terbanyak yaitu 45,7 juta pengikut.

Kilas Balik Perjalanan Karir 14 Tahun Ayu Ting Ting

Itulah kilas balik karir pedang Ayu Ting-Ting yang sudah lama berjalan. Ia juga dikabarkan akan segera menikah kamu tahu, di tahun 2021.