Ini Pilihan Sri Mulyani Bangkit dari Resesi

Ini Pilihan Sri Mulyani Bangkit dari Resesi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan wawancara eksklusif dengan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Jakarta, Jumat (22/11/2019). (Bisnis-Abdullah Azzam

Solopos.com, JAKARTA – Sejak awal, Sri Mulyani Indrawati yang dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Keuangan diyakini oleh sejumlah kalangan mampu andal mengawal perekonomian Indonesia. Saat Indonesia memasuki jurang resesi ekonomi, diyakini akan cukup ampuh untuk mengakhirinya.

Di tengah resesi ekonomi ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakini pengadaan vaksin dan penanganan Covid-19, serta konsumsi menengah-atas menjadi kunci untuk bangkit dari resesi ekonomi saat ini.

Kamar untuk Kualitas Tidur Lebih Baik Menurut Feng Shui

Dia menduga konsumsi rumah tangga kelas menengah ke atas masih terbatas akibat kondisi wabah virus korona belum berakhir. Padahal, karakter barang konsumsi rumah tangga kelas menengah ke atas didominasi oleh barang dan jasa yang sensitif terhadap mobilitas.

Pulihkan Konsumsi

Ia pun yakin, pemberian vaksin dan perbaikan penanganan Covid-19 akan mendorong masyarakat kelas atas untuk kembali meningkatkan konsumsi. “Dengan adanya Covid-19 yang mobilitasnya terbatas, konsumsi kelas menengah ke atas juga terkendali,” kata Sri Mulyani, Kamis (5/11/2020).

Jaga Kekebalan Tubuh Selama Pandemi, Begini Cara Memicu Hormon Bahagia

Sri Mulyani menambahkan, pemerintah telah melakukan upaya untuk memperbaiki penanganan Covid-19 dan mempercepat penemuan vaksin guna mengentaskan perekonomian Indonesia dari resesi. Menurut dia, vaksin tersebut akan mampu mengembalikan tren konsumsi rumah tangga. Sehingga diharapkan perbaikan dan diyakini terjadi pada triwulan IV / 20220 dan seterusnya, jelasnya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan konsumsi rumah tangga selama triwulan III tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar 4,04%. Meski masih berada di zona negatif, kinerja konsumsi rumah tangga membaik dibandingkan triwulan II / 2020 yang mengalami kontraksi sebesar 5,52%.

KLIK dan SUKA untuk lebih banyak berita Solopos

Postingan Sri Mulyani Choices Raising From Recession muncul pertama kali di Solopos.com.

Baca:  Ingin Jadian? Jangan Pakai Kalimat Ini Saat PDKT!