Ini Dia Mams Vitamin untuk Cegah Covid!

Ini Dia Mams Vitamin untuk Cegah Covid!

Bulan ini tepat satu tahun sejak Covid-19 masuk ke Indonesia. Terhitung hingga 18 Maret 2021 terdapat lebih dari 1,4 juta orang yang telah dinyatakan positif Covid-19 di negeri ini. Virus ini dinilai sangat mudah menular dari satu manusia ke manusia lainnya, tidak memandang usia, jenis kelamin, dan status sosial. Daya tahan tubuh kita sendirilah yang menjadi penentu utama tingkat penularan dan tingkat keparahan gejala klinis yang akan muncul saat terjangkit penyakit ini.

Beberapa negara termasuk Indonesia memang sudah mulai mengaplikasikan vaksin Covid-19, namun akibat persediaan yang masih terbatas menyebabkan pemberian vaksin belum bisa dilakukan serentak ke seluruh masyarakat. Sambil menunggu pemberian vaksin, tetap lakukan protokol kesehatan dan jaga daya tahan tubuh ya Mampaps. Salah satu caranya adalah dengan mendapat asupan yang sehat termasuk mengonsumsi vitamin untuk cegah covid.

Pentingnya Konsumsi Vitami di Masa Pandemi

Vitamin untuk cegah covid

Pada masa pandemi seperti ini, upaya pencegahan terbaik yang bisa kita lakukan adalah menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh. Karenanya, perilaku hidup sehat yang kita lakukan tidak hanya akan berdampak pada diri sendiri, melainkan juga berdampak kepada orang di sekitar kita. Lalu bagaimana pengaruh konsumsi vitamin untuk cegah covid dengan hal ini?

Baca Juga: Vitamin U Memang Ada? Ini Manfaatnya

Dilansir dari depkes.go.id, vitamin dan mineral berfungsi membantu proses metabolisme tubuh dan berguna sebagai antioksidan yang mampu menangkal senyawa-senyawa hasil oksidasi, radikal bebas yang mampu menurunkan kondisi kesehatan tubuh. Oleh karena itulah, sangat penting mengonsumsi vitamin dan mineral di masa pandemi ini, demi mengurangi risiko tertular atau pun komplikasi akibat Covid-19.

Eits Mams, vitamin dan mineral tetap diperlukan meskipun kita sedang beraktivitas di rumah saja ya. Pasalnya, selain memberikan perlindungan bagi tubuh, vitamin dan mineral juga dibutuhkan untuk mendukung tubuh bekerja secara optimal saat melakukan aktivitas sehari-hari. Vitamin dan mineral juga penting untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, membantu metabolisme karbohidrat dan protein, serta dibutuhkan untuk kekuatan tulang dan membentuk sistem kekebalan tubuh. Setiap jenis vitamin dan mineral mempunyai manfaat masing-masing yang penting bagi tubuh kita.

Baca:  Hambar, Ini Ciri Rumah Tangga Tidak Bahagia Mampaps!

Vitamin untuk Cegah Covid-19

Prinsipnya, penyakit Covid-19 dapat dicegah dengan sistem imunitas tubuh yang baik. Makanya perlu diketahui vitamin untuk cegah covid apa saja yang berhubungan dengan sistem imun. Asupan vitamin untuk cegah covid dapat kita peroleh dari makanan bergizi, seperti sayur dan buah, atau dari suplemen. Yang penting kandungan gizinya memenuhi kebutuhan tubuh kita ya Mams. Karena tiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Kebutuhan nutrisi anak-anak sudah pasti berbeda dengan orang dewasa, begitu pun dengan ibu hamil.

Baca Juga: Perlukah Vitamin untuk Ibu Hamil? Pahami Ini Dulu!

Berikut beberapa vitamin untuk cegah covid yang penting dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh:

Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk regenerasi sel, membantu menjaga sistem imun tetap kuat, dengan cara membersihkan sel-sel lama dan menggantinya dengan yang baru. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan kuat untuk melindungi dari kerusakan akibat stres oksidatif. Stres oksidatif adalah stres yang terjadi akibat akumulasi molekul reaktif yang dikenal sebagai radikal bebas. Stres ini memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Jadi tidak heran Mams, di rumah sakit penderita Covid-19 diberikan vitamin C dosis tinggi. Manfaatnya banyak sekali bukan untuk sistem imun. Namun dalam keaadaan sehat, tubuh kita hanya membutuhkan vitamin C 75-90mg per hari. Berlebihan juga tidak baik bagi tubuh ya Mams.

Zinc

Nah, agar penyerapan vitamin C dalam tubuh bisa berjalan dengan baik, dibutuhkan peran zinc, yaitu mineral yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan jaringan tubuh. Menurut European Journal of Immunology, asupan zinc berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel tersebut bertugas untuk mengendalikan respons imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyebab penyakit. Jika tubuh kekurangan asupan zinc, sistem imun akan terganggu. Wah, vitamin untuk cegah covid ini rasanya perlu kita konsumsi ya.

Baca:  Kekerasan pada Anak Saat Pandemi Meningkat, Ketahui Penyebabnya!

Vitamin D

Vitamin untuk cegah covid satu ini memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D bersifat larut dalam lemak dan memiliki manfaat yang sangat besar dalam hal kemampuan melawan peradangan dalam tubuh. Vitamin D juga berperan dalam regulasi imun, serta membantu mengaktifkan pertahanan sistem imun dengan cara mendorong fungsi sel-sel imun seperti sel T dan makrofag.

Vitamin B6

Vitamin B6 dibutuhkan tubuh untuk menyerap vitamin B12 serta memproduksi sel- sel sistem kekebalan tubuh dan sel darah merah. Jadi, kebutuhan vitamin B6 yang tercukupi dapat berdampak langsung dengan peningkatan sistem imunitas tubuh, karena produksi antibodi yang juga ikut meningkat. Vitamin B6 dapat ditemukan dalam ikan, hati sapi, kentang, daging ayam, kacang-kacangan, alpukat, pisang, dan sayuran hijau.

Baca Juga: Vitamin E untuk Promil, Bisa Bikin Cepat Hamil?

Vitamin E

Vitamin E juga memiliki sifat antioksidan, sehingga juga bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Setelah membaca uraian di atas, pastikan ya Mams vitamin dan mineral di atas terpenuhi kebutuhannya dalam asupan gizi keluarga, agar bersama-bersama kita cegah penyebaran Covid-19 dan pelan-pelan kita akhiri pandemi ini. Salam sehat, Mams!

The post Ini Dia Mams Vitamin untuk Cegah Covid! appeared first on Mamapapa.id.