Harga Tanaman Meroket Pencurian Tanaman Hias Meningkat, Awas Ma!

sumber: gdmagri.com

Di tengah pandemi ini, banyak orang yang menyibukkan diri agar tidak stres meski tinggal di rumah. Banyak yang mengikuti hobinya, salah satunya menjadi kolektor tanaman hias. Seperti kita ketahui, fenomena tanaman hias sedang naik daun dengan harga jual yang tinggi. Namun di sisi lain, terdapat risiko yang dialami saat memutuskan untuk mengoleksi tanaman hias. Belakangan ini marak terjadi pencurian tanaman hias.

Beberapa kasus pencurian tanaman hias tertangkap kamera CCTV dari rumah korban. Pencurian tanaman hias terjadi di beberapa daerah, yaitu di Probolinggo (mencuri sejumlah tanaman hias yang diambil dari pot korban), dan Pematang Siantar (mencuri gelombang cinta dan aglaonema dengan kerugian total sekitar 800 ribu rupiah. ).

Ternyata, posisi tanaman hias juga perlu diperhatikan agar tidak memicu pencurian, Bu. Pasalnya, tindakan pencurian yang dilakukan pelaku dapat mempermudah proses penjualan dan keuntungan yang didapat akan semakin besar. Simak penjelasan berikut ini agar terhindar dari pencurian tanaman hias, yuk bunda!

Harga Tanaman Hias Termahal dan Menjadi Favorit

Beberapa tanaman hias memiliki harga jual yang fantastis. Seperti apa keindahan tanaman hias tersebut?

Anggrek Hitam Papua

Kelopak bunganya yang hitam pekat dan putik berwarna merah jambu membuat anggrek hitam Papua semakin menggoda siapa pun yang melihatnya. Tanaman hias ini masih termasuk dalam jenis tanaman langka. Karena keindahan dan kelangkaannya, harga anggrek hitam Papua sangat tinggi. Berminat untuk mengoleksinya Bu? Dilansir dari cekaja.com, untuk memiliki Anggrek Hitam Papua, Mampaps harus merogoh kocek karena konon harganya hingga 100 juta rupiah. Wah tidak heran kalau pencurian tanaman hias begitu marak, mengingat harganya yang luar biasa.

Baca Juga: Hindari Kebosanan! Pembuatan rumah diperlukan selama pandemi

Monstera Tipe Janda Bolong

Belakangan ini viral tanaman hias dengan nama yang cukup aneh yaitu si janda bolong. Beragam jenis janda bolog sempat viral di media sosial dan pecinta tanaman hias. Dosebut berlubang karena bentuk daunnya berlubang secara alami. Salah satu jenis tanaman hias jada bolong adalah jenis monstera. Tanaman hias monstera dinilai memiliki estetika yang tinggi. Tak heran jika banyak orang memanfaatkannya sebagai dekorasi rumah agar tampilan rumah menjadi indah. Monstera sendiri memiliki berbagai tipe dengan harga jual yang berbeda-beda, mulai dari <1 juta hingga 20 juta rupiah.

Baca:  7 Mitos Makanan Ibu Menyusui, Mama Harus Tahu!

Aglaonema

Meski nampaknya banyak penikmat tanaman yang ditanam sejak jaman dulu, kini tanaman hias aglaonema kembali naik daun dengan nilai jual yang sangat tinggi. Terlihat sangat cantik dengan banyak guratan pada daunnya. Harga yang ditawarkan untuk tanaman hias ini mulai dari 1 juta hingga 10 juta rupiah. Bahkan, Mampaps bisa membeli Aglaonema dengan tipe Red Aglaonema seharga 1,5 juta rupiah di pasar online kamu tahu.

Tips Menghindari Pencurian Tanaman Hias

Pencurian tanaman hias sangat merugikan pengepul. Tingkat kerugiannya bervariasi, bahkan bisa mencapai ratusan juta jika pencuri berhasil membawa banyak tanaman hias. Sayang sekali Bu. Hal ini juga berlaku bagi Mampaps yang berniat membuka usaha di bidang tanaman hias. Saat menyelam untuk minum air, pencuri yang masuk ke dalam rumah untuk mengambil tanaman hias bisa saja menyulap perangkat elektronik menjadi sasarannya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya pencurian. Ibu bisa melakukan hal berikut.

  1. Tanaman hias dengan harga tinggi bisa diletakkan di tempat yang cukup jauh dari pintu atau gerbang masuk
  2. Jika tanaman hias diletakkan di ruang tamu, pasang teralis atau pelindung ganda pada jendela dan pintu
  3. Memasang kawat besi juga bisa diterapkan untuk keamanan yang lebih ketat
  4. Jika memungkinkan, pasang kamera cctv di tempat-tempat yang bisa menjadi pintu masuk pencurian.

Ide Tanaman Hidroponik Bisa Menghindari Pencurian

Jika Anda tetap ingin memiliki tanaman hias namun takut risiko pencurian? Minimalkan resiko pencurian tanaman hias dengan menanam dengan sistem hidroponik hanya Bunda. Pernahkah Anda mendengar tentang tumbuhan hidroponik? Jenis penanaman ini merupakan sistem tanam yang menggunakan media air dan menitikberatkan pada nutrisi tanaman. Jadi, hidroponik adalah tanaman tanpa perlu menggunakan tanah sebagai medianya, lho Bu.

Baca:  10 Rekomendasi Toko Tanaman Online Pilihan para Ibu

Mungkin selama ini Mams banyak mendengar sayuran hidroponik. Kini Bunda juga bisa menanam tanaman hias dengan cara yang satu ini. Dengan menggunakan sistem tanam hidroponik, Mams dapat melakukannya di dalam ruangan atau di sudut ruangan yang terkena sinar matahari pada siang hari. Beberapa tanaman hias yang bisa Bunda tanam dengan menggunakan hidroponik adalah sebagai berikut.

  1. Bunga matahari
  2. Red Star taro
  3. Aglaonema
  4. Nuklir
  5. Lidah buaya
  6. Sirih gading

Baca Juga: Hobi Menanam Saat Pandemi, Ini Rekomendasinya!

Nah Bu, bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mulai mengolesi tanaman hias? Atau lebih tertarik menanam dengan sistem hidroponik? Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bunda bisa belajar dulu dan memperhatikan kondisi rumah yang ada.

Pasca Harga Tanaman yang Melonjak Pencurian Tanaman Hias Meningkat, Awas Ma! muncul pertama kali di Mamapapa.id.