Featured

Terapi Aquarium Bikin Sehat Fisik dan Mental Lho!

Terapi Aquarium Bikin Sehat Fisik dan Mental Lho!

Memiliki hobi memang sangat mengasyikkan. Tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata, hobi sering kali membuat seseorang setia dalam pemenuhannya. Seringkali seseorang rela mengeluarkan banyak uang untuk memenuhi hobinya ini. Salah satu hobi paling populer adalah aquascape. Papa adalah salah satunya? Jangan langsung menentang hobby baru bunda, hobby aquascape ternyata banyak manfaatnya lho, salah satunya adalah terapi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya yuk kenalan dengan aquascape yang sering juga disebut terapi akuarium!

Apa itu Terapi Akuarium?

Suara gemericik air yang damai, gerakan ikan yang lambat, dan dekorasi yang indah di dalamnya tidak hanya sekedar estetika. Terapi akuarium merupakan salah satu metode perawatan kesehatan yang masih jarang diketahui oleh masyarakat. Tak disangka, memiliki akuarium di rumah bisa dijadikan terapi, Bu.

Menurut salah satu penelitian di jurnal Environment and Behavior menyebutkan bahwa menonton ikan yang berenang di akuarium selama 10 menit dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang akan rileks walaupun akuarium yang dilihatnya tidak mengandung ikan. Namun, semakin banyak ikan di akuarium kabarnya semakin baik moodnya, lho!

Manfaat Terapi Akuarium untuk Kesehatan

Bukan sekedar hobi yang boros uang, memiliki akuarium bisa dijadikan terapi bagi pemiliknya. Apa manfaat kesehatan dari terapi akuarium?

Terapi untuk Penderita

Wow, Ibu Hamil Melahirkan di Pesawat Lion Air!

Wow, Ibu Hamil Melahirkan di Pesawat Lion Air!

Beberapa hari yang lalu heboh berita mengenai ib hamil yang melahirkan di pesawat. Mungkin terdengar aneh, sebab mestinya seseorang yang hamil besar apalagi mendekati hari  perkiraan lahir sudah tidak diperbolehkan untuk naik pesawat. Seperti apa kisah selengkapnya? Apa yang dilakukan awak kabin saat itu? Yuk simak selengkapnya untuk dijadikan pelajaran bagi kita semua!

Kronologis Ibu Hamil Melahirkan di Pesawat Lion Air

Melahirkan di pesawat
sumber: theasianparent.com

Tepatnya pada hari Selasa (17/11), seorang penumpang pesawat Lion Air JT-797 Boeing 737-900ER rute penerbangan Jayapura-Makassar melahirkan di dalam kabin penumpang. Ibu hamil tersebut adalah Anastasia Geavani. Setelah 50 menit perjalanan, pendamping Anastasia kala itu meminta bantuan awak kabin sebab Anastasia merintih kesakitan dan meminta air hangat.

Bergerak dengan cepat dan tanggap, pimpinan awak kabin, Novitalia serta kru kabin segera menghampiri yang bersangkutan untuk mencari tahu kondisi yang sebenarnya. Setelah mengetahui kondisi Anastasia yang hendak melahirkan di pesawat, kru langsung memberi pengumuman mengenai apakah terdapat penumpang yang berprofesi dokter di dalam pesawat tersebut.

Dibantu oleh Penumpang yang Berprofesi sebagai Dokter

Beruntung, seorang penumpang bernama Marthina Setiawati Randabunga ternyata berprofesi sebagai dokter dan langsung menunjukkan identitias resmi serta dokumen lain kepada kru kabin. Dengan bantuan dokter tersebut, proses melahirkan di pesawat itu berjalan lancar dan dilakukan di bangku …

Kekerasan pada Anak Saat Pandemi Meningkat, Ketahui Penyebabnya!

Kekerasan pada Anak Saat Pandemi Meningkat, Ketahui Penyebabnya!

Coba hitung selama pandemi melanda, sudah berapa kali Mampaps memarahi Si Kecil? Semoga nggak ada ya atau hanya bisa dihitung jari, amin. Namun, tahukah Mampaps kekerasan pada anak saat pandemi ternyata meningkat loh! Kekerasan ini terjadi baik secara verbal maupun kekerasan fisik.

Tentu kekerasan pada anak ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti Mampaps belum terbiasa untuk menghadapi perubahan baru selama pandemi, seperti semua hal dikerjakan dari rumah. Bukan hanya itu, kecemasan terhadap sesuatu seperti kesehatan, keuangan, pendidikan anak dan lainnya secara berlebihan bisa meningkatkan stres sehingga kekerasan terjadi.

Kasus Kekerasan Anak Saat Pandemi

Kekerasan pada anak

Masih ingat kan Mampaps, beberapa kasus kekerasan pada anak yang sempat viral? Salah satunya adalah orang tua yang sedang membimbing anaknya untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Banyak di antara mereka tertangkap kamera sedang memukul sang anak karena tidak paham dengan apa yang sedang diterangkannya.

Baca Juga: Viral Mama Cambuk Anak, Stop KDRT pada Anak!

Mengingat kejadian pada September lalu, tersebar video viral berdurasi 4 menit 39 detik di mana sang ibu mencambuk anak kandungnya menggunakan selang saat mengerjakan tugas sekolah. Video ini beredar di Grup Facebook Info Malang Raya, terlihat jelas bahwa sang ibu mencambuk sang anak yang sedang ia bimbing untuk mengerjakan …

Bangkitkan Semangat Diri Saat Pandemi bersama ALIVE Fest 2020

Bangkitkan Semangat Diri Saat Pandemi bersama ALIVE Fest 2020

Halo Mampaps! Tahun ini memang banyak kejutan ya, terutama pandemi yang melanda dunia saat ini. Semua kegiatan mengharuskan kita untuk melakukannya di rumah aja nih, baik sekolah, bekerja bahkan beribadah. Memang ada plus minusnya, saat pandemi hadir kita semakin sering berkumpul dengan keluarga. Pasti senang bukan? Namun, di balik itu nilai negatif pada pandemi ini juga cukup banyak diantaranya kecemasan dan ketakutan terpaparnya virus ini sehingga membuat kita stres dan akhirnya sakit!

Melihat hal itu, banyak cara yang dilakukan pemerintah dan beberapa kelompok untuk membangkitkan, memberikan motivasi dengan semangat masyarakat agar tidak terpuruk dalam masalah ini. salah satunya dengan mengadakan berbagai acara yang tentunya dilaksanakan dengan daring. Salah satu acara yang bisa Mampaps ikuti dalam waktu dekat ini adalah ALIVE Fest 2020 yaitu Festival Kesehatan dan Meditasi Urban Alive 2020.

Apa itu ALIVE Fest 2020?

ALIVE Fest 2020 ini adalah festival kesehatan dan meditasi urban pertama dan terbesar di Indonesia yang tentunya hadir untuk mengatasi rasa stres, kecemasan, amarah dan frustasi akibat pandemi ini.

Festifal ini dibuat oleh The Golden Space Indonesia yang merupakan sebuah organisasi non religious yang dapat membantu Mampaps untuk melakukan meditasi zaman baru, penyembuhan alternatif, pusat kesadaran dan transformasi kehidupan.

Organisasi ini dibentuk untuk memberi …

Jerawat Karena Masker Hingga Operasi, Ini Dampaknya!

Jerawat Karena Masker Hingga Operasi, Ini Dampaknya!

Saat ini, masker kain seakan telah menjadi alat perang penting dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pasalnya, COVID-19 bisa ditularkan melalui tetesan yang penyebarannya bisa dicegah dengan menggunakan masker saat berada di luar rumah atau menerima tamu. Namun, belakangan ini muncul kasus jerawat akibat masker. Hal tersebut dialami oleh Fahira Alfhi Diningrat, padahal jerawatnya sangat parah sehingga harus dioperasi sesuai anjuran dokter.

Kronologi Munculnya Jerawat Akibat Masker yang Dialami Fahira

Dalam video yang diunggah pemilik akun @apibaiq tersebut, Fahira menceritakan kronologi jerawat akibat masker hingga operasi yang dialaminya. Awalnya jerawat yang muncul di pipi kanan tampak normal seperti jerawat saat haid. Namun seiring berjalannya waktu, jerawat tersebut membesar hingga pipi kanannya menjadi bengkak. Ibunya mengira itu adalah maag, jadi dia disarankan untuk menggunakan kentang dan obat salep pada jerawatnya.

Tak kunjung membaik, Fahira memutuskan untuk memeriksakan jerwatnya ke dokter. Dokter mengatakan bahwa jerawat yang besar itu akibat infeksi yang disebabkan pemakaian masker kain. Kulit sensitif Fahira mudah iritasi.

Dokter menyarankan untuk menjalani operasi untuk mengatasi jerawat besar tersebut. Fahira pun sepakat untuk melakukan operasi dalam dua hari ke depan sembari menunggu bengkak di pipinya mereda. Wah, kasus jerawat akibat masker ini cukup mengkhawatirkan juga ya Bu.

Operasi yang dilakukan oleh dokter meliputi …

Tips Liburan Saat Pandemi, Biar Aman di Rumah Aja Yuk!

Tips Liburan Saat Pandemi, Biar Aman di Rumah Aja Yuk!

Eits, masih ada yang masih menyanyi atau tidak Mampaps? Yuk, libur panjang selama pandemi ini, kamu pilih liburan mana? Ke pantai, gunung, berenang, atau sekedar menginap di rumah? Ingat Mampaps kita masih dalam suasana pandemi jangan sampai liburan kesehatan keluarga pulang bukannya jadi ancaman lho padahal kita ikuti tips liburan saat pandemi. Harus tetap waspada, Mampaps!

Bosan banget menghabiskan liburan panjang di rumah, tapi demi kesehatan keluarga tidak ada salahnya untuk menunda dan merencanakan liburan bersama keluarga yang semakin mengasyikkan pasca pandemi Covid-19. Begitu, yuk manfaatkan cuti bersama dan libur panjang ini untuk liburan dirumah dengan tips liburan selama pandemi dirumah yang akan Mamapapa.id share, pasti dirasa lebih aman.

Tempat Yang Jadi Target Liburan Keluarga

Namun masih banyak keluarga Indonesia yang masih merencanakan liburan panjang selama pandemi ini di luar rumah, hal ini terlihat dari pantauan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang penuh dengan orang yang akan berwisata. Nyatanya, jalan menuju puncak dan beberapa kota lainnya sudah mulai merayap menanjak, Mampaps! Semoga yang membaca artikel ini, langsung saja memilih liburan panjang di rumah.

Baca juga: Aplikasi Edukasi untuk Menemani Anak di Rumah!

Lalu, tempat liburan apa saja yang biasa dikunjungi keluarga Indonesia untuk liburan?

Pantai

Pantai merupakan salah satu tempat liburan keluarga …

sumber: gdmagri.com

Harga Tanaman Meroket Pencurian Tanaman Hias Meningkat, Awas Ma!

Di tengah pandemi ini, banyak orang yang menyibukkan diri agar tidak stres meski tinggal di rumah. Banyak yang mengikuti hobinya, salah satunya menjadi kolektor tanaman hias. Seperti kita ketahui, fenomena tanaman hias sedang naik daun dengan harga jual yang tinggi. Namun di sisi lain, terdapat risiko yang dialami saat memutuskan untuk mengoleksi tanaman hias. Belakangan ini marak terjadi pencurian tanaman hias.

Beberapa kasus pencurian tanaman hias tertangkap kamera CCTV dari rumah korban. Pencurian tanaman hias terjadi di beberapa daerah, yaitu di Probolinggo (mencuri sejumlah tanaman hias yang diambil dari pot korban), dan Pematang Siantar (mencuri gelombang cinta dan aglaonema dengan kerugian total sekitar 800 ribu rupiah. ).

Ternyata, posisi tanaman hias juga perlu diperhatikan agar tidak memicu pencurian, Bu. Pasalnya, tindakan pencurian yang dilakukan pelaku dapat mempermudah proses penjualan dan keuntungan yang didapat akan semakin besar. Simak penjelasan berikut ini agar terhindar dari pencurian tanaman hias, yuk bunda!

Harga Tanaman Hias Termahal dan Menjadi Favorit

Beberapa tanaman hias memiliki harga jual yang fantastis. Seperti apa keindahan tanaman hias tersebut?

Anggrek Hitam Papua

Kelopak bunganya yang hitam pekat dan putik berwarna merah jambu membuat anggrek hitam Papua semakin menggoda siapa pun yang melihatnya. Tanaman hias ini masih termasuk dalam jenis tanaman …

Perbandingan 5 Merk Baju Bayi Terbaik dan Harganya 2020!

Perbandingan 5 Merk Baju Bayi Terbaik dan Harganya 2020!

Saat hamil, waktu yang paling dinanti-nanti oleh Mama adalah membeli perlengkapan Si Kecil! Biasanyanya nih, Mams sudah mulai membuat list sejak Si Kecil masih berusia 28 minggu, bahkan ada yang menyiapkannya kurang dari itu. Memilih baju bayi terbaik memang harus teliti nih Mams, di mana kita harus memperhatikan bahwa bahannya nyaman di gunakan untuk Si Kecil tentunya. Berikut beberapa perbandingan merek baju bayi terbaik yang bisa menjadi rekomendasi Mama untuk menyambut Si Kecil.

Rekomendasi Merk Baju Bayi Terbaik

Motifnya yang cantik, modelnya yang lucu, warnanya yang lembut, dan bahannya yang sangat nyaman tentu menjadi incaran utama Mama untuk memilih baju bayi terbaik terlebih jika harganya jugsa sangat terjangkau. Wah, bisa-bisa Mama ngeborong setoko nih! Hehe…

Baca Juga: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Terbaru 2020!

Sebelum ngeborong, cek dulu yuk Mams rekomendasi beberapa produk baju bayi terbaik yang biasanya menjadi incaran para Mama.

Velvet Junior

Merk baju bayi terbaik satu ini menjadi rekomendasi yang paling banyak digunakan para bayi loh Mams! Motifnya lucu dan menggemaskan serta tersedia dalam beberapa model, seperti jumper, baju panjang atau pendek bersama celana dengan model kancing depan atau kancing samping.

Velvet Junior sangat nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari atau untuk tidur, karena produk ini telah bersertifikat …

Awas Ma, Masalah Psikis Bisa Sebabkan Anak Susah Makan Lho!

Awas Ma, Masalah Psikis Bisa Sebabkan Anak Susah Makan Lho!

Orangtua mana yang bisa santai kalau sang anak susah makan, pasti akan ada beribu ide dan cara yang Mampaps lakukan agar Si Kecil bisa makan meski sesuap saja. Seperti memasak makanan kesukaan Si Kecil bahkan membuat makanan tersebut menjadi lebih menarik, seperti membentuk makanannya seperti boneka atau hewan kesukaan Si Kecil.

Perlu Mampaps ketahui nih, memang wajar pada usia-usia tertentu anak mulai susah makan Mams! Hal ini normal terjadi, bahkan saat masa tumbuh kembang anak di usia 6 hingga  9 tahun. Namun, akan menjadi tidak normal jika hal ini terus-terusan terjadi. Untuk itu, Mampaps sebagai orangtua harus tahu nih apa si penyebab anak susah makan? Agar kita bisa tahu bagaimana cara mengatasinya agar nafsu makan Si Kecil bisa mendukung tumbuh kembangnya.

Baca Juga: Anak Susah Makan Sayur? Ganti dengan Makanan Ini!

Penyebab Umum Anak Susah Makan

sumber gambar: huffingtonpost.com

Mams menginjak usia satu hingga lima tahun, kenaikan berat badannya bisa saja tidak bertambah hingga 4 bulan berturut-turut loh! Dan hal ini masih dianggap normal ya. Perlu diketahui lagi nih, nafsu makan Si Kecil di kontrol oleh otaknya. Di Mana ia akan mengonsumsi makanannya sebanyak yang ia butuhkan untuk pertumbuhan energinya. So, jangan terlalu memaksa jika Si Kecil sudah mulai …

Angka Kehamilan Meningkat, Ini 6 Test Pack Terbaik 2020!

Angka Kehamilan Meningkat, Ini 6 Test Pack Terbaik 2020!

Halo Mams, sedang mencari test pack terbaik 2020? Memang, semenjak diterapkan aturan #dirumahaja oleh pemerintah selama pandemi, banyak hal yang berubah nih Mampaps. Salah satunya kita semakin dekat dengan pasangan dan juga anak-anak. Wah, pasti sangat bahagia nih selalu ada waktu untuk bersama.

Menariknya, masa pandemi di kabarkan angka kehamilan juga meningkat tajam loh! hal ini disampaikan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN), bahwa ada lebih dari 400.000 kehamilan tak direncanakan selama pandemi ini. Apakah Mampaps termasuk di dalamnya? Terlepas dari itu, untuk mengetahui Mams hamil atau tidak selama pandemi ini tentunya dibutuhkan test pack terbaik 2020 dan akurat tentunya.

Baca Juga: Rizky DA Minta Istri Tes DNA Saat Hamil, Amankah Ma?

Perbedaan Test Pack Strip dengan Test Pack Compact

sumber gambar: medicalnewstoday.com

Sebelum mengetahui test pack terbaik 2020 apa saja, Mams juga harus tahu nih bahwa test pack ternyata ada 2 jenis atau 2 bentuk loh! Yaitu test pack berbentuk strip dan berbentuk compact, lalu apa sih yang menjadi perbedaan di antara kedua tespack ini? Berikut penjelasannya:

  • Tes pack strip cara penggunaannya alat test yang berbentuk stik dicelupkan ke dalam urine yang telah Mams tamping ke dalam wadah, sementara
  • Tes pack compact cara penggunaannya cukup membasahi
13+ Tanda-tanda hamil ini bisa dipercaya, deteksi kehamilan sejak dini

13+ Tanda-tanda hamil ini bisa dipercaya, deteksi kehamilan sejak dini

Tanda-tanda kehamilan perlu sekali diketahui secara dini, kenali ciri-ciri awal kehamilan, terutama untuk mama yang hamil muda tentu belum banyak tanda yang tahu.

Beberapa kasus keguguran atau cacat pada janin terjadi karena seorang wanita tidak mengetahui awal kehamilan sehingga tidak berhati-hati. Apalagi jika Mama memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur sehingga tidak bisa menghitung waktu terlambat haid dengan tepat, perlu diketahui bahwa telat datang bulan 3 hari saja bisa menandakan ibu hamil.

Mama Papa Harus Tahu

Ciri – ciri hamil tidak hanya terjadi pada perut mual, muntah dan tanda positif pada test pack saja. Tanda kehamilan sangat beragam, namun tidak semua muncul dalam satu waktu.

Biasanya ciri dan tanda hamil sering menyerupai gejala menstruasi, pada gejala haid ini wanita sering cemas dan berharap lebih atau sebaliknya namun tidak menyadari bahwa ia sedang mengalami kehamilan.

Pahami tanda serta ciri kehamilan berikut ini, supaya dapat membedakan antara gejala awal kehamilan dengan menstruasi.

Ketidaktahuan terhadap tanda-tanda hamil bisa berakibat fatal, salah satunya mungkin ibu secara tidak sadar mengkonsumsi obat-obatan yang dilarang saat hamil maka akan menyebabkan gugurnya kandungan.

Selain itu, persiapan yang matang untuk menyambut bayi juga akan terabaikan.

Baca Juga: 5 Ciri – ciri Hamil Tanpa Mual yang

sumber: detik.com

Melahirkan di Usia 40 Tahun Artis Ini Alami Komplikasi Hingga Koma

Kabar bahagia datang dari pasangan Rachel Maryam dan Edwin Aprihandono terkait kelahiran anak kedua mereka. Bayi laki-laki yang diberi nama Muhammad Eijaz Mata Air tersebut lahir pada tanggal 2 Oktober 2020 pukul 2.43 WIB dengan berat badan 3,78 kilogram dan tinggi 50 cm. Namun, kabar ini dibarengi dengan kesedihan karena beredar rumor bahwa Rahel sempat mengalami koma setelah melahirkan di usia 40 tahun. Hal ini disebabkan pendarahan hebat yang dialami Rachel Maryam setelah melahirkan melalui operasi caesar. Seperti apa cerita selengkapnya? Mari kita simak kelahiran anak kedua Rachel Maryam di bawah ini.

Risiko Melahirkan di 40 Tahun

Peristiwa yang dialami Rachel Maryam juga disebabkan oleh kehamilan yang terjadi di usia 40 tahun. Di usia di atas 40 tahun, ibu cenderung lebih rentan mengalami masalah dan gangguan mulai dari kehamilan hingga persalinan. Kondisi ini disebabkan oleh menurunnya tingkat kesuburan dan vitalitas Ibu & # 39; tubuh. Selain itu, rongga panggul dan otot di sekitarnya tidak sekuat saat masih muda. Kalaupun Mams memiliki riwayat hipertensi gestasional, dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin karena suplai darah ke plasenta berkurang.

Komplikasi dan Masalah yang Akan Dialami

Kondisi ibu yang sudah tidak muda lagi meningkatkan kemungkinan terjadinya komplikasi dan masalah yang akan dialami saat ibu …

sumber: instagram

Badan Bergerak Sendiri, Hati-hati Alami Tourette Syndrome, Ma!

Baru-baru ini sebuah video viral tentang seorang gadis cantik di dalam mobil merekam dirinya sendiri ketika anggota tubuhnya lepas kendali. Ia sering menabrak kaca depan dan anggota tubuhnya sendiri. Video diunggah oleh akun @infounik_id. Ternyata gadis itu mengalaminya sindrom tourette. Pernahkah Mampaps mendengar tentang penyakit yang satu ini?

Di kolom komentar yang diunggah, terdapat banyak kalimat dukungan untuk sang gadis dalam video tersebut. Tak hanya itu, netizen juga berbagi pengalaman serupa, yakni tidak bisa mengontrol anggota tubuhnya (yang bergerak sendiri). Namun, disebut juga apakah kondisi yang dialami oleh netizen sindrom tourette? Sebenarnya apa sih sindrom itu?

Apa itu Sindrom Tourette

Lihat posting ini di Instagram

Kasihan 😭 . . Sumber: thistrippyhippie follow @infounik_id, untuk hiburan lainnya dan don & # 039; t lupa untuk menandai teman Anda 💜 #infounik_id #info #unik #id

Sebuah pos dibagikan oleh INFO UNIK ID (infounik_id) pada 28 Sep, 2020 pukul 12:31 pagi PDT

Sindrom Tourette merupakan gangguan kesehatan bawaan yang menyerang sistem saraf manusia. Sindrom ini membuat seseorang tidak bisa mengontrol gerakan tubuhnya bahkan kata-kata yang keluar dari mulutnya. Ini telah dialami sejak orang itu masih bayi dan bahkan hingga dewasa. Sindrom ini dapat menyebabkan gerakan tak sadar di berbagai bagian tubuh, seperti tangan, kaki, …

sumber: grid.id

Ma, Perlukah Melakukan USG Transvaginal Saat Promil?

Kesehatan alat reproduksi wanita menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, terutama saat ingin melakukan program kehamilan. Sebelum memutuskan untuk hamil, Bunda sebaiknya melakukan pengecekan kondisi rahim atau organ reproduksi untuk memastikan semuanya baik-baik saja dan siap untuk dibuahi. Salah satu metode yang biasa digunakan untuk memeriksa kesehatan organ reproduksi adalah USG, baik USG panggul maupun USG transvaginal saat promil.

Cara USG sudah sering terdengar di masyarakat. USG sendiri merupakan metode yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang dapat menghasilkan gambaran tentang kondisi internal tubuh. Dengan USG, dokter dapat melihat apakah ada kelainan atau masalah pada organ, jaringan, struktur tanpa harus membedahnya.

Untuk program kehamilan, ada dua jenis metode USG, yaitu USG transvaginal dan USG panggul. Kali ini kita akan membahas tentang USG transvaginal di promil. Sebenarnya, seberapa pentingkah USG transvaginal dilakukan ketika Mampaps memutuskan untuk mengadakan pesta prom?

Baca Juga: Merencanakan Promil yang Sehat untuk Kehamilan yang Sehat

Apa itu USG Transvaginal

USG transvaginal merupakan salah satu jenis USG yang dapat menggambarkan kondisi organ reproduksi wanita, seperti rahim, ovarium, saluran tuba, leher rahim dan vagina. Layaknya USG pada umumnya, USG transvaginal juga menggunakan gelombang suara untuk merekam dan mengirimkan gambar bagian tubuh pasien ke monitor.

Pemeriksaan USG transvaginal merupakan …

sumber: tribunnews.com

Kemampuan Sosial Anak Kate Middleton Tuai Pujian, Intip Pola Asuhnya!

Dalam hal pola asuh anak Kate Middleton menerapkan pola asuh yang berbeda dari generasi kerajaan sebelumnya. Kate juga dinilai sebagai sosok yang hangat dan tegas. Ia kerap kali menunjukkan rasa kasih sayang di depan umum, berbeda dengan keluarga kerajaan yang jarang menampilkan kehangatannya. Terang saja hal ini membuat banyak pihak mengapresiasi dan kagum terhadap Kate. Termasuk Leon Hady dari Guide Education yang mengatakan bahwa Kate seringkali terlihat tidak canggung ketika berinteraksi dengan anak-anaknya bahkan menunjukkan kasih sayang di depan umum. Kate juga tidak ragu untuk berjongko bahkan menunduk ketika ketiga anaknya sedang butuh terhadapnya.

Kate Middleton sepertinya tidak jarang membuat netizen kagum hingga memuji gerak-gerik kehidupannya. Pasalnya, istri Pangeran Willian tersebut jarang bertingkah laku di luar garis lurus aturan kerajaan. Selain itu, Kate juga sarat dengan ketertarikan dalam bidang sosial serta jiwa keibuannya membuat Kate dapat dengan mudah untuk dekat dengan anak-anak.

Gaya pola asuh anak Kate Middleton dan Pangeran William ternyata juga sangat berperan dalam mendukung kemampuan sosial anak-anaknya. Sebenarnya, apa saja sih yang dilakukan Kate hingga anak-anaknya tumbuh dengan kemapuan sosial yang baik?

Pentingnya Kemampuan Sosial Anak

Sejatinya, manusia merupakan makhluk sosial sehingga orang tua sebisa mungkin mencetak generasi yang peduli akan kehidupan sosial. Sejak usia 3 hingga …

7 Mitos Makanan Ibu Menyusui, Mama Harus Tahu!

7 Mitos Makanan Ibu Menyusui, Mama Harus Tahu!

Pernah dengar Bu, pas menyusui tidak bisa makan makanan pedas? Katanya, makan makanan pedas bisa membuat si kecil ikut merasa pedas juga kan? Apakah ini hanya mitos tentang makanan ibu menyusui?

Menurut ahli laktasi, sebenarnya tidak ada pantangan makanan bagi ibu menyusui, Bu. Padahal, ibu yang sedang menyusui sebaiknya mengonsumsi makanan yang bergizi dan bergizi baik, karena ASI merupakan makanan alami bagi si kecil.

Perlu ibu ketahui, ASI mengandung karbohidrat (laktosa), protein, lemak, air, serta berbagai kandungan mineral dan antibodi.

Pentingnya Konsumsi Makanan Bergizi Ibu Menyusui

Mitos makanan ibu menyusui

sumber gambar: leadinglady.com

Saat memberikan ASI pada si kecil, Bunda wajib memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Suka mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan dilengkapi dengan protein, sayur, buah, dan asupan air untuk menu sehari-hari.

Baca Juga: Pentingnya ASI Eksklusif; Jika Ibu Menyusui Positif Corona

Selain itu, bagi ibu vegetarian, pastikan makanan yang dikonsumsi kaya zat besi, vitamin B12, asam folat, dan zinc yang bisa didapat dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu, untuk menggantikan zat yang biasa didapat dari protein. satwa.

Buat bunda yang bisa mengkonsumsi kopi jangan berlebihan untuk meminumnya! Cukup satu cangkir kopi sehari. Mengapa? Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi akan dialihkan ke dalam ASI dari hasil metabolisme, namun tidak memberikan efek …

sumber: sehatq.com

Sstt…Ma, Ini Cara Merapatkan Vagina Setelah Melahirkan!

Meskipun gairah seks Mama pasca persalinan seringkali menurun, namun ada kalanya hal tersebut perlu dilakukan. Hubungan seks yang dimaksud adalah ketika Mams sudah melewati masa nifas yang biasanya berlangsung selama 3-6 minggu. Berubahnya kondisi vagina mengharuskan Mams untuk merawatnya agar tercipta kembali kehidupan seks seperti sebelumnya. Yuk, simak cara merapatkan vagina setelah melahirkan berikut ini.

Pentingnya Merawat Vagina

Hampir setiap wanita menginginkan persalinan secara pervaginam. Meskipun demikian, persalinan pervaginam memiliki dampak rasa sakit, tidak nyaman, bahkan perubahan bentuk pada vagina. Sehingga Mama perlu mengetahui cara merapatkan vagina setelah melahirkan.

Merawat vagina menjadi hal yang penting bagi wanita. Bukan hanya mencegah adanya penyakit kelamin, mengetahui cara merapatkan vagina setelah melahirkan juga memperbaiki kualitas hubungan seks pasca melahirkan. Jika tidak dirawat dengan baik, tidak hanya risiko penyakit yang mengancam namun kualitas hubungan seks pun dapat menurun. Padahal hubungan seks merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dan diprioritaskan.

Baca Juga: Posisi Seks Setelah Melahirkan Agar Tidak Sakit

Kondisi Vagina Pasca Melahirkan

menjelang melahirkan

Belum sembuh dari rasa sakit dan trauma, Mams harus merelakan adanya perubahan pada vagina setelah melahirkan. Beberapa hal yang biasanya terjadi, seperti:

  • Nyeri pada vagina. Rasa nyeri pada vagina biasanya muncul seseaat setelah melahirkan. Bahkan, ada juga yang mengalami pembengkakan.
sumber: winnetnews

Waspada Ma, Bahaya Asap Vape Bagi Ibu Hamil!

Alih-alih berganti jenis rokok agar lebih aman, banyak perokok yang beralih kepada vape. Padahal, vape tidaklah lebih aman. Hanya saja aromanya berbeda dan tidak mencolok. Kini begitu banyak kalangan masyarakat yang menggunakan rokok elektrik yang satu ini. Sungguh disayangkan ketika orang tua lebih mementingkan ego daripada kesehatan pasangan dan buah hati. Lantas, bagaimana nasib ibu hamil ketika menghirup asap vape? Adakah bahaya asap vape bagi ibu hamil?

Merasa sudah benar dalam mengambil keputusan, para Papa tetap menghisap vape sekalipun di rumah ada Mama yang sedang hamil. Padahal asap vape dapat terperangkap di pakaian dan akhirnya menempel pada benda-benda di rumah atau bahkan tercampur dengan pakaian lainnya ketika diputar di mesin cuci.

Kandungan yang Terdapat pada Vape

  • Propilen glikol atau gliserin : berisiko menyebabkan iritasi sistem pernapasan jika terhirup
  • Nikotin: bersifat adktif (membuat ketagihan), membuat seseorang mudah marah, gelisah dan banyak kerugian lainnya.
  • Penambah rasa: berbeda dengan rokok, vape memiliki banyak rasa yang bisa menjadi pilihan. Seperti buah-buahan, cokelat, vanila dan sebagainya.
  • tobacco-spcific nitrosamine (TSNA) : senyawa karsingenik pada tembakau
  • Senyawa logam seperti nikel, kromium, dan timah.

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Kesehatan Anak Terancam Karena Asap Rokok!

Bahaya Asap Vape Bagi Ibu Hamil dan Janin

Saat ini, vape seakan sudah menjadi …

resep camilan sehat dan praktis

Resep Camilan Sehat dan Praktis Saat di Rumah Saja, Mama Wajib Buat!

Masa pandemi ini mengingatan kita untuk kembali menerapkan hidup sehat. Hal ini juga mencakup apa yang kita makan sehari-hari, harus menu sehat lho, Mampaps. Menu yang sehat akan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga keluarga tidak mudah terserang penyakit. Menyediakan camilan di rumah rasanya juga perlu agar Si Kecil tidak perlu ke luar rumah ketika ingin nyemil. Yuk buat sendiri, berikut resep camilan sehat dan praktis untuk keluarga saat di rumah saja!

Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Saat Pandemi

Menambah Asupan Nutrisi

Di tengah pandemi, daya tahan tubuh sangatlah harus diperhatikan. Resep camilan sehat dan praktis diperlukan di tengah masa pandemi seperti sekarang ini. Makanan tertentu memiliki manfaat meningkatkan daya tahan tubuh seperti kandungan vitamin C pada buah jeruk, kiwi, pepaya, dan lainnya.

Menghemat Keuangan Keluarga

Krisis ekonomi dialami oleh banyak pasangan di masa pandemi ini. Jika Mams masih mengalami perekonomian stabil, tetaplah berhemat dan berbelanja dengan cermat. Sebab, kita tidak pernah tahu bahaya apa yang mengancam di masa depan. Tetap kontol keuangan rumah tangga dengan baik di tengah pandemi ya, Mampaps!

Baca Juga: Selamat! Ini Tanda Keuangan Rumah Tangga Stabil saat Pandemi

Memastikan Bahwa Makanan Tersebut Dibuat dengan Bahan dan Cara yang Aman

Tanpa disadari, sebagian makanan yang dijual di pasaran …

Ini Lho Ma, Kunci MPASI Enak dan Lezat!

Ini Lho Ma, Kunci MPASI Enak dan Lezat!

Bunda, saat memasuki usia 6 bulan, kebutuhan energi dan nutrisinya si Kecil tidak lagi tercukupi hanya dengan ASI! Untuk itu diperlukan tambahan nutrisi dari makanan padat yaitu MP-ASI atau yang dikenal dengan istilah MPASI. Dalam mempersiapkan MPASI tentunya Mama telah mempersiapkan segala perlengkapannya seperti bayi pembuat makanan, piring dan sendok, kursi makan dan bahkan beberapa bahan yang akan disantap si kecil nanti. Lalu saat memasak dan menyajikan MPASI yang enak dan enak untuk si kecil, apakah caranya sudah tepat?

Baca Juga: Apa yang harus diperhatikan untuk memulai makanan padat?

Biasanya dalam proses pembuatan MPASI para ibu-ibu dalam pembuatan MPASI akan menyatukan semua bahan, dan ini sudah terjadi sejak jaman dulu. Nah, terkadang hal inilah yang membuat si kecil mudah bosan dan menjadi mudah bagi GTM alias Shut Up Movement. Lalu bagaimana caranya agar si kecil tidak GTM? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pentingnya MPASI Enak dan Lezat untuk Anak

sumber gambar: mindyourfitness.in

Membuat makanan padat yang enak dan enak tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Mama, tidak hanya enak dan enak, tetapi Mama juga memperhatikan nilai gizi dan gizinya. Untuk memastikan MPASI yang Bunda berikan kepada si Kecil enak dan enak, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan bahan makanan padat dicuci