Awas Mampaps, Screen Time Pengaruhi Kebiasaan Makan Anak Lho!

Awas Mampaps, Screen Time Pengaruhi Kebiasaan Makan Anak Lho!

Pandemi mengubah kehidupan banyak orang, termasuk anak-anak. Bukan hanya semua kegiatan kita lakukan di rumah saja, namun penggunaan gadget pun menjadi semakin meningkat karena aktivitas bekerja dan belajar yang harus dilakukan saat pandemi ini. Tidak dapat dipungkiri nih Mampaps, saat makanpun terkadang kita masih melakukannya di depan layar, benar apa tidak nih? Sehingga tidak heran, penderita rabun jauh menjadi meningkat saat pandemi ini. Bukan hanya itu, ternyata screen time pengaruhi kebiasaan makan anak menjadi buruk loh!

Ayo, siapa nih yang membiarkan anak untuk selalu mengonsumsi makanannya sambil menatap layar? Kebiasaan makan anak bisa jadi semakin tidak sehat saat matanya sering tertuju ke layar. Simak selengkapnya di sini!

Bahaya Screen time Bagi Pertumbuhan Anak

Sebagian Mampaps terkadang merasa, jika memberikan screen time untuk Si Kecil dapat membuatnya duduk tenang. Memang benar, pemberian screen time akan membuat mereka menjadi tenang terlebih jika menonton film kartun kesukaan mereka. Bisa-bisa mereka akan marah jika Mampaps memberikan waktu screen time yang cukup sempit.

Baca Juga: Ma, Ikuti Pedoman Screen Time Sesuai Anjuran WHO Demi Kesehatan Anak!

Namun tahukah Mampaps, jika waktu yang diberikan untuk melakukan screen time pada anak berlebihan, tentunya bisa membuatnya menjadi kecanduan dan durasi yang diberikan untuk menonton tayangan favorit mereka menjadi lama atau bahkan tidak terkontrol. Nah, kebiasaan ini ternyata dapat mempengaruhi tumbuh kembang Si Kecil Mampaps.

Berikut beberapa gangguan dari bahaya screen time yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak, di antaranya:

Mengganggu Perkembangan Mata

Seperti yang sudah disebutkan tadi, penggunaan gadget berlebihan dapat membuat seseorang terdapak rabun jauh, termasuk anak-anak. Nah, perli diketahui bahwa pada usia balita mata Si Kecil masih mengalami perkembangan loh Mampaps. Pada usia ini mata anak belum memiliki filter alami untuk menyaring sinar yang terpancar pada layar, sehingga sinar tersebut akan diserap langsung dan diteruskan ke retina pada bagian belakang.

Nah, jika tidak diberikan batasan tentu hal ini akan berpengaruh pada penglihatannya saat dewasa kelak.

Mengganggu Perkembangan Bicara

Screen time yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan gangguan perkembangan keterampilan Si Kecil, seperti perkembangan bahasa mereka sehari-hari. Si Kecil bisa mengalami gangguan bahasa atau bicara, yang bisa disebabkan oleh konten-konten yang ia tonton. Mungkin saja konten-konten tersebut menggunakan bahasa lain atau bahasa luar, sehingga bisa mempengaruhi cara bicaranya.

Mengganggu Perkembangan Sosial

Karena mengalami gangguan dalam perkembangan bicaranya, hal ini dapat mempengaruhi kehidupan sosial Si Kecil bersama teman-teman sebayanya loh Mampaps. Pasalnya, akan banyak teman-temannya tidak mampu menterjemahkan apa yang ia maksud atau bicarakan.

Mengganggu Konsentrasi Anak

Screen time berlebihan bisa mengganggu fokus anak dalam proses belajar mengajar loh Mampaps! Ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti keinginannya yang ingin selalu menatap layar atau penglihatan Si Kecil yang sudah sedikit memudar karena screen time yang berlebihan.

Baca:  4 Penyakit yang Membuat Anda Sering Sesak Napas Setelah Makan

Namun, penelitian sepakat bahwa terganggunya tumbuh kembang Si Kecil bukan murni terjadi karen screen time tetapi hal ini disebabkan karena waktu Si Kecil habis karena melakukan screen time. Mengapa? Jika tidak menggunakan screen time Si Kecil bisa melakukan kegiatan yang seharusnya ia lakukan di luar, seperti berlari, melompat, memanjat dan berbicara bersama teman-temannya.

Nah, dari sinilah Mampaps harus memperhatikan waktu dalam melakukan screen time pada Si Kecil agar tumbuh kembang Si Kecil dapat berkembang dengan kegiatan fisiknya sehari-hari. Lalu, baru-baru ini penelitian menyebutkan bahwa screen time pengaruhi kebiasaan makan Si Kecil loh Mampaps! Kenapa bisa? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ma, Perhatikan Kesehatan Mata Anak Saat Belajar Daring!

Screen Time Pengaruhi Kebiasaan Makan Anak

Screen time pengaruhi kebiasaan makan anak

Screen time pengaruhi kebiasaan makan anak menjadi tidak sehat nih Mampaps! Pasalnya, saat melakukan screen time terkadang Si Kecil juga sambil makan di depan layar. Tak jarang pula anak lebih sering mengonsumsi makanan-makanan manis atau cepat saji saat screen time. Tentunya kebiasaan ini menjadi hal yang tidak sehat loh Mampaps dan bisa membuat anak menjadi obesitas.

Sebuah penelitian di Journal of Clinical Medicine menyebutkan, anak dan remaja di Spanyol banyak yang melakukan kegiatan screen time sambil mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti coklat, permen, dan makanan cepat saji serta mengurangi makan makanan sehat seperti buah dan sayuran, ikan serta kacang-kacangan sebagai menu sehat mereka. Kebiasaan inilah yang membuat beberapa anak dan remaja di Spanyol mengalami obesitas.

Baca Juga: Mama Millenial! Perhatikan, Ini Cara Mengasuh Anak yang Tepat

Agar screen time pengaruhi kebiasaan makan anak menjadi baik kembali sebaiknya  Mampaps selalu memperhatikan makanan yang Si Kecil konsumsi dan batasan waktu screen time yang seharusnya diberikan ya! Hal ini dilakukan agar kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil tetap terjaga dengan baik serta waktu bersama keluarga juga terjaga, terlebih saat pandemi ini. Semoga bermanfaat.

The post Awas Mampaps, Screen Time Pengaruhi Kebiasaan Makan Anak Lho! appeared first on Mamapapa.id.

Baca:  Ini Lho Ma, Kunci MPASI Enak dan Lezat!