6 Makanan untuk Kesehatan Mental

makanan kesehatan mental

Pandemi Covid-19 tampaknya menjadi ujian bagi hampir semua lapisan masyarakat. Stres dan kebosanan kerap menghampiri Anda, apalagi saat aktivitas sosial terpaksa dibatasi. Tidak ada aktivitas liburan bersama keluarga, hangout bersama teman, atau mengunjungi tempat wisata dengan pemandangan yang indah. Secara tidak langsung, orang saat ini menjalani pelatihan kesabaran yang sangat mahal. Tak hanya daya tahan, kesehatan mental juga harus dijaga lho Mams. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bermanfaat bagi kesehatan mental. Sudahkah ibu mengetahui tentang makanan untuk kesehatan mental?

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

sumber: kveller.com

Menjaga kesehatan mental sangatlah penting terutama di era pandemi ini. Banyak masalah hidup yang disebabkan oleh masalah kesehatan mental. Banyak yang masih bingung persepsi tentang gangguan kesehatan jiwa itu sendiri. Beberapa orang masih menganggap gangguan jiwa itu sama dengan orang gila dan biasanya dirawat di Rumah Sakit Jiwa.

Jangan salah Bu, mental breakdown tidak selalu berarti gila. Seseorang yang tiba-tiba menarik diri dari lingkungannya diindikasikan memiliki masalah kesehatan mental, lho. Jadi, penting bagi kita untuk menjaganya meski dimulai dari mengonsumsi makanan untuk kesehatan mental. Beberapa alasan juga menjadikan kesehatan mental penting untuk diperhatikan, di antaranya sebagai berikut.

Kesehatan Mental Mempengaruhi Kesehatan Fisik

Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan jiwa tentunya dapat mengalami kesulitan untuk mendapatkan kesehatan fisik yang sesungguhnya. Seperti yang dikatakan oleh Dr. Brock Chisholm itu "Tanpa kesehatan mental, tidak ada kesehatan fisik yang sejati".

Seseorang yang mengalami gangguan jiwa akan terus dihantui oleh hal-hal yang menyebabkan kesehatannya terganggu. Dia cenderung begitu berfikir berlebihan dan menjalani hidup yang berantakan dengan kecemasan atau ketakutan di pikirannya.

Penderita gangguan jiwa cenderung mengalami depresi dan tentunya hal ini akan mempengaruhi kesehatan fisiknya. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami depresi memiliki risiko terkena serangan jantung dua kali lebih banyak daripada seseorang yang memiliki kesehatan mental yang baik.

Baca Juga: Hindari Ibu Bosan, Jaga Kesehatan Mental di Era Milenial

suami menolak untuk berhubungan seks
sumber: intimacyinmarriage.com

Kesehatan Mental Mempengaruhi Kehidupan Sosial

Gangguan jiwa sangat berpengaruh pada kehidupan sosial. Misalnya untuk seorang istri yang belum dikaruniai anak selama 10 tahun menikah. Banyaknya pertanyaan terkait hal ini dari pihak luar juga dapat mengganggu kesehatan mentalnya, meski pertanyaan itu datang dari keluarga dekat. Padahal dia tidak pernah menginginkan kondisi ini dan telah melakukan bisnis dengan berbagai cara. Namun, banyaknya pertanyaan tersebut seakan membuatnya merasa tersudut dan memilih untuk tidak sering bertemu banyak orang.

Baca:  Ternyata, Ini 7 Makanan Penyebab Bau Tak Sedap Pada Miss V

Itu baru satu contoh yang sering terjadi di sekitar kita. Masih banyak contoh kasus yang bisa memicu seseorang mengalami gangguan jiwa. Biasanya penyebabnya adalah perkataan dan tindakan yang menyinggung dan menyudutkan korban. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui hal-hal apa saja yang sensitif untuk dibicarakan agar lebih baik hindari percakapan tersebut bu.

Baca Juga: Raven Is Aneh x Mamapapa.id Kesehatan Mental untuk Ibu Milenial

Tingkatkan Fokus

Seseorang yang terus dihantui rasa tidak aman cenderung mengalami kehidupan sehari-hari yang berantakan. Konsentrasi atau fokusnya sering kali teralihkan sehingga bisa membuat kinerja atau kinerja di kantor menurun. Jadi, setidaknya konsumsilah makanan untuk kesehatan mental.

Mempengaruhi Seseorang dalam Memproses Emosi

Emosi seseorang yang mengalami gangguan mental seringkali tidak menentu. Ia cenderung tertawa keras di tengah kerumunan lalu menangis dan berteriak dalam kesendirian di sudut ruangan. Namun ada juga yang cenderung memilih diam dan enggan tampil menonjol dalam sebuah percakapan.

Baca Juga: Bagaimana Kesehatan Mental Anak dan Orang Tua Selama PJJ?

Makanan untuk Kesehatan Mental

Ada banyak cara untuk menangani kesehatan mental. Selain mencari lingkungan yang positif, berkonsultasi dengan psikiater, mendekatkan diri dengan Tuhan, makanan sehat juga penting untuk dicoba. Ada beberapa makanan yang dipercaya berdampak pada kesehatan mental, lho. Yuk sediakan makanan berikut untuk kesehatan mental di rumah!

Makanan untuk kesehatan mental
sumber: dailysabah.com

Gandum utuh

Biji-bijian utuh termasuk dalam karbohidrat kompleks yang membuat tubuh kenyang lebih lama. Makanan untuk kesehatan mental ini juga kaya serat dan menyuplai kebutuhan otak dan tubuh. Selain itu, gandum juga mengandung asam amino yang memicu produksi serotonin dalam tubuh. Seperti diketahui bahwa serotonin merupakan senyawa yang menimbulkan rasa bahagia pada tubuh. Itulah mengapa biji-bijian sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita gangguan kesehatan jiwa.

Baca:  Lezat! Berikut 5 Rekomendasi Keju untuk MPASI Si Kecil!

Sayuran hijau

Kandungan gizi yang tinggi pada sayuran hijau dipercaya dapat menurunkan tingkat depresi seseorang, lho Mams. Tak hanya itu, beberapa sayuran hijau juga bisa meningkatkan mood untuk tidur yang berkualitas. Contohnya seperti bayam, brokoli, kangkung dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Persiapan Mental dan Fisik untuk Pekerjaan yang Bahagia!

Omega 3

Makanan selanjutnya untuk kesehatan mental adalah ikan. Ini tinggi asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi depresi atau masalah kesehatan mental lainnya. Beberapa ikan yang direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan mental adalah sarden, mackerel, mackerel, mackerel, kerapu dan salmon.

Makanan Probiotik

Banyak makanan probotik dapat mengurangi depresi. Contohnya seperti yogurt, kefir, tempe, kimchi dan acar. Bakteri di dalamnya bernama Lactobacillus dapat memicu produksi hormon serotonin dan dopamin. Kedua hormon ini bisa meningkatkan mood.

Berries

Rasanya yang asam-manis dan segar membuat berry digandrungi banyak orang. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition tahun 2009, Stroberi dan blueberry kaya akan antioksidan dan dapat mengurangi penuaan dini dan stres.

apel

Makanan untuk kesehatan mental ini mengandung pektin yang dipercaya dapat meningkatkan mood. Tak hanya itu, apel juga mengandung antioksidan quercetin dan flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan otak.

Baca Juga: Persiapan Mental dan Fisik untuk Pekerjaan yang Bahagia!

Nah itulah beberapa makanan untuk kesehatan mental. Pastikan ibu menyajikan salah satunya setiap hari. Jangan lupa diperhatikan Bu & # 39; kesehatan sendiri juga!

Postingan 6 Pangan untuk Kesehatan Mental muncul pertama kali di Mamapapa.id.