5 Madu Terbaik untuk Menjaga Imun Keluarga

5 Madu Terbaik untuk Menjaga Imun Keluarga

Madu merupakan produk hasil lebah yang dibuat dari nektar. Banyak jenis madu yang terdapat di dunia, tergantung dari tanaman apa lebah mengumpulkan nektar yang akan dijadikannya sebagai madu. Bukan rahasia lagi jika madu memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat madu yang paling terkenal adalah sebagai daya tahan tubuh atau menjaga sistem imun. Dari sekian banyak jenisnya, berikut ini madu terbaik untuk menjaga imun keluarga Mams di rumah!

Madu untuk Jaga Imun Tubuh

Ada tiga jenis produk herbal yang memiliki beragam manfaat yaitu kurma, jinten hitam dan madu. Madu diperbolehan dikonsumsi mulai dari usia anak 12 bulan. Rasanya yang manis membuat seseorang senang mengkonsumsinya sekalipun tanpa campuran apapun. Rasanya yang manis tersebut membuat madu dapat dijadikan pemanis alami pengganti gula. Bahkan, madu dinyatakan lebih sehat daripada gula lho Mams. Jika Mampaps sering membuat teh di rumah, cobalah ganti gula pasir dengan menggunakan madu, usahakan memilih madu terbaik ya, Mams.

sumber: KUMPARAN.jpg

Kandungan yang terdapat pada Madu

  • Mineral dan Vitamin. Berbagai mineral dan vitamin terkandung dalam madu, seperti vitamin B, kalsium, tembaga, zinc, serta zat besi.
  • Kalori yang lebih tinggi daripada gula. Jika setengah sendok makan gula pasir mengandung 25 kkal, madu menghasilkan kalori sedikit lebih banyak yakni 35 kkal dalam takaran yang sama. Oleh sebab itu, madu juga dapat berperan sebagai sumber energi untuk mendukung aktivitas Si Kecil.
  • Indeks glikemik yang lebih sehat dari gula, hal ini baik bagi kamu yang sedang menghindari makanan dengan indeks glikeik tinggi.
  • Antioksidan. Madu mengandung asam fenolik dan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan alami. Kandungannya yang satu ini sangat diperlukan bagi kulit serta sebagai penangkal radikal bebas untuk mencegah berbagai penyakit.
  • 18 persen kandungan air di dalamnya membuat madu dapat digunakan sebagai pelembab alami untuk kulit
  • Mengandung prebiotik alami yang baik untuk sistem pencernaan.
  • Obat luar. Madu seringkali dijadikan obat luar untuk mempercepat penyembuhan luka serta enncegah adanya infeksi.

Baca Juga: Mama Harus Tahu: 7 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak

Rekomendasi Madu Terbaik untuk Jaga Imun Tubuh

sumber: klikdokter.com

Madu Manuka

Mungkin Mampaps jarang mendengar jenis madu manuka. Padahal, jenis madu terbaik yang satu ini memiliki sifat antibakteri paling tinggi diantara madu lainnya, Disebut madu manuka karena madunya dihasilkan dari nektar bunga Leptospermum scoparium atau semak manuka. Madu manuka bisa Mams beli di apotek, toko herbal atau marketplace. Harga madu yang berasal dari Selandia Baru yang satu ini masih cenderung mahal. Salah satu merek menjual 500 gram madu terbaik dengan harga 1,5 juta rupiah.

Belakangan ini, jenis madu clover atau yang sering disebut dengan Clover Honey cukup ramai dibicarakan khasiatnya. Madu terbaik yang satu ini dihasilkan dari tanaman semanggi atau clover plants. Clover Honey dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan salah satunya untuk menjaga imun tubuh. Selain itu, clover honey dipercaya dapat meredakan flu, hingga meringankan gejala dermatitis atau eksim. Namun perlu konsultasi dengan dokter untuk pengaplikasiannya ya Mams. Terkait harga, 250 gram clover honey dijual dengan harga sekitar 190 ribu rupiah.

Baca Juga: Madu, Obat Batuk Alami Untuk Anak

Madu Bunga Liar

Madu bunga liar merupaan madu yang diproduksi lebah dari nektar yang berasal dari berbagai macam bunga liar. Dikenal juga dengan nama wild flower honey yang dapat meringankan batuk serta kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidannya yang tinggi itulah yang akan membuat madu bunga liar dapat menjaga imun tubuh. Madu terbaik ini dijual di marketplace dengan harga 250 ribu rupiah denga kemasan 500 gram.

Madu Akasia

Seperti namanya, madu akasia berasal dari nektar tanaman akasia. Kandungan flavonoid di dalamnya berberan sebagai antibakteri yang efektif untuk melawan bakteri. Madu akasia memiliki kandungan fruktosa yang tingga serta rendah glukosa. Mams bisa membeli madu akasia dengan harga 130 ribu rupiah untuk kemasan 1 kilogram.

Buckwheat Honey

Madu yang berasal dari bunga buckwheat atau yang dikenal juga dengan gandum kuda. Buckwheat honey mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang dapat menjaga imun tubuh. Madu yang satu ini juga merupakan salah satu madu terbaik dibandingkan dengan madu jenis lainnya. Madu terbaik yang satu ini dijual dengan harga 595 ribu rupiah dengan berat 375 gram.

Baca Juga: 10 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin!

Meskipun memiliki banya manfaat, mengkonsumsi madu secara berlebihan juga tidak diperbolehkan. Sebab, hal ini justru akan bmembahayakan tubuh dengan risiko diabetes, peradangan, gangguan jantung, dan seabgainya. Tidak hanya itu, madu juga dapat meningkatkan risiko keracunan yang disebab kan oleh bakteri Clostridium botulinum. Oleh sebab itulah madu tidak diberikan pada anak dibawah usia 12 bulan, sebab sistem pencernaan belum berkembang untuk melawan racun di usia tersebut.

Baca:  Sensory Board Kaya Manfaat? Bikin Sendiri Yuk, Mams!

Jika ingin membeli madu, pastikan produk tersebut adalah madu murni atau alami untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Sebab sudah banyak produk madu di pasaran yang diproses dengan pasteurisasi, filtrasi, bahkan adanya penambahan gula.

The post 5 Madu Terbaik untuk Menjaga Imun Keluarga appeared first on Mamapapa.id.